Kalimantan Selatan

Peringati HLUN 2024, Pemprov Kalsel Edukasi Lansia

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin mengadakan seminar awam dan senam Lanjut Usia (Lansia) sehat dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2024.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, Diauddin mengatakan kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada para peserta untuk pentingnya menjaga kesehatan di zaman sekarang.

“Meskipun secara fisik dianggap lemah, lansia bukanlah masalah. Lansia hadir di masyarakat sebagai penyangga pembangunan, pelestari nilai kesopanan, pemelihara dan pewaris budaya, serta tuntunan hidup bagi para generasi muda,” ucapnya, Banjarmasin, Sabtu (18/5/2024).

Lebih lanjut, Dokter Spesialis Ilmu penyakit Dalam RSUD Ulin Banjarmasin, Wiwit agung Sri Nur Cahyawati menambahkan pada peringatan kali ini pemerintah mengangkat tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”.

“Berbagai kegiatan kami laksanakan diantaranya seminar mengenai kebutuhan nutrisi pada Lansia dan pencegahan Sarcopenia,” ungkapnya.

Ia menerangkan, saat ini usia harapan hidup lansia meningkat di atas 70 tahun, itu merupakan hasil kerja keras semua pihak diantaranya sudah banyaknua layanan untuk para lansianya di rumah sakit maupun pola hidup yang dijaga oleh lansia itu sendiri.

“Alhamdulillah kesadaran masyarakat di Kalimantan selatan cukup bagus karena mereka rutin berobat yang mana setiap harinya poli geriatri bisa menerima pasien kurang lebih 40 orang,” terangnya.

Untuk itu, Ia berharap dengan pelaksanaan seminar ini para Lansia bisa mengamalkan ilmu yang diberikan. Sehingga kesehatan bisa terjaga.

“Karena walaupun lansia, mereka juga tetap bisa aktif,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button