Kalimantan Selatan

Tim Juri SATU WASAKA Kunjungi Kabupaten HSS

Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi daerah yang selanjutnya dikunjungi Tim juri Sanitasi Air Minum Tuntas Waja Sampai Kaputing (SATU WASAKA) Award Provinsi Kalsel Tahun 2024.

Penilaian dilakukan dengan pertemuan dan audiensi di Aula Kantor PUPR Kabupaten HSS, yang dibuka langsung oleh Pj Bupati Hulu Sungai Selatan, Hermansyah didampingi jajaran Kepala SKPD Terkait.

Hermansyah mengatakan sudah banyak hal yang dilakukan Pemerintah HSS dalam penanganan sanitasi dan air minum.

“Kami sudah melakukan berbagai upaya guna menjaga agar air bersih di HSS selalu tersedia. Hal ini bukan hanya untuk daerah sendiri, tapi untuk Kalsel,” kata Hermansyah, Senin (13/5/2024).

Ia mengatakan Kabupaten HSS memiliki tiga topologi wilayah yang berbeda yaitu perkotaan, pengunungan dan rawa. Sehingga dari tiga topologi ini dilakukan intervensi penanganan sanitasi dan air minum bagi masyarakat.

“Kami harapkan dengan semakin baiknya sanitasi maka kemiskinan ekstrim 2024 bisa kita tuntaskan,” ujarnya.

Apalagi capaian air minum di kabupaten HSS sebesar 90 persen lebih. Kemudian capaian Tangki septik aman 1.131 unit tahun 2023, Jumlah pelanggan sedot tinja tahun 2024 39 kk, Capaian air limbah akses layak 87.44 persen, Akses jamban bersama 14 persen dan 144 desa kelurahan sudah ODF.

“Ini menandakan kinerja Pemerintah berkaitan dengan penanganan sanitasi sangat singnifikan,” ungkapnya

Sementara itu, Perwakikan tim Juri Satu Wasaka Dari Dinas PUPR Kalsel, Nisha Rinthiarni mengatakan tujuan Satu Wasaka Award untuk mendorong Kabupaten/Kota meningkatkan akses sanitasi dan air minum.

Tujuan kedua mendorong Kabupaten/Kota menyiapkan aspek regulasi, kelembagaan, pendanaan, infrastruktur sanitasi dan air minum, ketiga melaksanakan fungsi Pokja PKP Provinsi dalam aspek advokasi, supervisi, sinkronisasi, monitoring dan evaluasi.

Keempat, meningkatkan keterlibatan stakeholders dalam pembangunan sanitasi dan air minum dan kelima mendorong inovasi daerah dalam pembangunan sanitasi dan air minum.

“Diharapkan kegiatan SATU WASAKA ini bisa membantu Kabupaten/Kota di Kalsel untuk meningkatkan sanitasi dan air minum mereka. Apalagi penghargaan SATU WASAKA ini diberikan kepada Kabupaten/Kota yang dinilai berprestasi di bidang sanitasi dan air minum. Penghargaan ini nantinya akan diserahkan pada hari jadi Pemerintah Provinsi Kalsel pada bulan Agustus mendatang,” kata Nisha. MC Kalsel/tgh

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button