AdvertorialParlemenTanah Bumbu

50 petugas disiagakan jaga kebersihan kawasan Mappanre Ri Tasi’e 2024

BATULICIN – Sebanyak 50 petugas di siagakan untuk menjaga kebersihan kawasan Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e dan Tanah Bumbu Expo 2024.

Demikian kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo melalui Kabid PSLB3, Indah Maya Suryanti, Rabu (24/04/2024) di Batulicin.

“Ada 50 petugas kebersihan dan 8 petugas RTH dari area Kecamatan Kusan Hilir dan Simpang Empat yang di siagakan. Waktu kerja mereka pagi dan sore. Petugas kebersihan DLH Tanbu juga bekerjasama dengan Pokdarwis Disbudporapar dalam hal melakukan pembersihan sampah di seluruh area pesta pantai,” ucap Indah.

Selain itu, kata Indah, DLH Tanbu juga menempatkan 4 unit armada pengangkut sampah, 25 bak sampah 660L, 50 bak sampah 75 L, dan 1 kontainer 6m3.

Pengelolaan sampah ini, sambungnya, rutin di lakukan selama pra dan pasca pesta pantai serta Expo Tanah Bumbu 2024.

Sampah yang terkumpul nantinya akan di pilah. Sampah yang bernilai ekonomis di arahkan ke bank sampah induk (BSI), sedangkan residu masuk ke TPA Sungai Dua.

Dalam rangka menjaga kebersihan di kawasan Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e dan Tanah Bumbu Expo. DLH Tanbu juga melakukan sosialisasi dan himbauan secara door to door kepedagang. Yakni sosialisasi pembuangan sampah dengan tertib di tempat yang sudah di sedikan. Serta waktu pembuangan di malam hari atau selesai aktifitas. Sehingga sampah dapat terangkut tuntas di eskok harinya.

Selain itu, kata Indah, pihaknya juga melakukan pemasangan spanduk imbauan untuk tertib buang sampah bagi pengunjungdan pedagang.

“Kami juga berkoordinasi dengan Event Organizer (EO) untuk mengumumkan setiap hari imbauan tertib kelola sampah di area panggung utama. Koordinasi juga dengan pokdarwis dari Disbudporapar berkaitan dengan pengelolaan sampah di area pantai dan lainnya menyesuaikan kondisi di lapangan,” sebutnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pedagang agar dapat memilah sampah kering dan basah, sampah di kemas dengan baik, dan di tempatkan di TPS yang tersedia. Untuk pembuangan sampahnya di lakukan pada malam hari selesai aktifitas.

Kepada para pengunjungan agar membuang sampah di TPS yang di sediakan. Sehingga jika semua pihak mendukung, maka lingkungan sekitar area tetap bersih dan nyaman. Serta tertib pembuangan sampah, maka setiap harinya sampah akan terangkut tuntas oleh petugas menuju ke TPA. (Ddi)

 

 

sumber : mc.tanahbumbukab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button