Kalimantan Selatan

Gubernur Kalsel Dorong Apdesi dalam Mengawal Pembangunan Desa

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah mengajak, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Kalsel dalam menguatkan komitmen mendampingi dan mengawal pembangunan di tingkat desa.

“Maka dari itu, Apdesi harus bisa menguatkan sinergi dan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalsel serta seluruh perangkat desa, guna mewujudkan kesejahteraan di bidang ketahanan sosial, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan,” kata Faried pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Cabang Apdesi Provinsi Kalsel Periode 2023-2028, di Pendopo Agug Ardji Kriyo Sentono Rumah Makan Pawon Tlogo, Kabupaten Barito Kuala, Rabu (17/4/2024).

Faried juga meminta, Apdesi dapat melibatkan masyarakat desa untuk ikut serta mengawasi penggunaan dana dan kemajuan pembangunan desa.

“Ruang untuk korupsi harus diminimalisasi dengan cara memperkuat mekanisme pengawasan sehingga Apdesi dapat memberikan edukasi kepada seluruh aparatur desa agar pemanfaatan dana desa berjalan secara optimal dan tepat sasaran,” tutur Faried.

Faried pun menjelaskan, pemerintah memberikan perhatian pada kesejahteraan desa melalui kucuran dana desa dari tahun ke tahun.

Di 2024 total anggaran dana desa sebesar Rp71 triliun akan di distribusikan ke 75.265 desa sehingga rata-rata setiap desa akan mendapat dana Rp943,7 juta.

“Anggaran dana desa meningkat dari 2023 yang sebesar Rp70 triliun dan rata-rata pertambahan dana desa sebesar 21,3 persen per tahun. Peningkatan anggaran dana desa ini, tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan desa yang tertib administrasi, transparan dan akuntabel,” jelas Faried.

Ketua Umum Apdesi, Surta Wijaya menambahkan, Apdesi memiliki peran dalam mendampingi pemerintah desa dalam melaksanakan program pembangunan agar berjalan sesuai rencana sehingga terwujud kemakmuran desa.

“Apdesi bertanggung jawab dalam menjembatani komunikasi dan koordinasi yang baik antara Kepala Desa dalam mengawal penyelenggaraan pemerintah desa yang akuntabel, transparan dan tepat sasaran,” kata Surta.

Sementara itu, Ketua DPD Apdesi Provinsi Kalsel terpilih, Ahmad Rijali Nasution menyampaikan, dibawah kepimpinannya akan membangun relasi dan koordinasi antar pemerintahan desa, guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang semakin berkembang dan maju.

“Memang pemerintahan desa memiliki peran yang sangat penting dan strategis bagi kemajuan bangsa. Sebagai unit organisasi pemerintah yang berhadapan langsung dengan masyarakat maka kemandirian desa menjadi salah satu syarat bagi bangsa ini untuk maju.

Diketahui, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sebagai Dewan Pembina Apdesi Provinsi Kalsel menerima penghargaan dari Ketua Umum Apdesi, Surta Wijaya atas partisipasinya dalam mengawal pembangunan di desa. MC Kalsel/Ar

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button