Kalimantan Selatan

Biro PBJ Kalsel Rilis Kinerja Tahun 2023

ist

Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Rahmadin merilis kinerja dan capaian yang dilakukan maupun apresiasi yang diterima pada Tahun 2023, di ruang rapat Biro PBJ Kalsel di kantor gubernur di Banjarbaru, Senin (1/4/2024).

“Sesuai dengan visi dan misi Kalimantan Selatan ‘Kalsel Maju’ yang memiliki 5 misi yaitu salah satunya Biro Pengadaan Barang dan Jasa menunjang misi nomor 4 yaitu tata kelola pemerintahan yang lebih fokus pada pelayanan publik,” ujar Rahmadin.

Dengan demikian, Biro PBJ Kalsel memiliki kinerja utama yaitu meningkatnya efektifitas PBJ Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Prov Kalsel dan meningkatnya kualitas pelayanan publik PBJ dengan 3 indikator.

Ketiga indikator tersebut yakni, Predikat Indeks Tata Kelola PBJ, Jumlah inovasi pelayanan publik PBJ, dan Nilai Indeks Kepuasan Pengguna Layanan PBJ.

Biro PBJ juga memiliki 2 program, 9 kegiatan dan 15 sub kegiatan dengan pagu anggaran kurang lebih 8.1 miliar dan memiliki realisasi fisik pada bulan Maret 2024 yaitu 17 persen dan realisasi keuangan bulan Maret 2024 16.35 persen.

Selain itu Biro PBJ Prov Kalsel juga mendapatkan nilai Indeks Tata Kelola Pengadaan peringkat terbaik nasional yaitu 90.21, serta memiliki capaian MCP KPK Pemerintah Daerah Kalsel Th. 2023 dengan nilai 95.

Kemudian, realisasi paket tender terdapat 166 paket dengan pagu realisasi anggaran berkisar 106 miliar dan non tender terdapat 154 paket dengan pagu realisasi anggaran berkisar 17 miliar.

“Terkait realisasi katalog lokal bulan Maret 2024 sudah mencapai 965 miliar dan realisasi bela pengadaan bulan Maret 2024 sudah mencapai 92 miliar, serta Biro PBJ sudah mencapai level kematangan, level 3 dan memiliki JF PPBJ 21 orang atau 70 persen,” tambahnya.

Untuk menunjang meningkatnya kualitas pelayanan publik, Biro PBJ Prov Kalsel memiliki 10 inovasi, pelayanan dari segi sistem aplikasi atau pemberian inovasi melalui media.

Adapun penghargaan yang diraih oleh Biro PBJ Prov Kalsel Tahun 2024, di antaranya, Pusat keunggulan pengadaan dari LKPP RI, Penghargaan piagam anugerah pengadaan Pemprov Kalsel dengan nilai indeks tata kelola pengadaan peringkat terbaik nasional, Apresiasi media Pemprov Kalsel peringkat 3.

Selanjutnya yakni Kalsel procurement award 2024 kategori merealisasikan tender/seleksi dini dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDG’s) pada Goals nomor 12.7 yaitu mempromosikan praktek pengadaan public yang berkelanjutan maka berdasarkan Surat dari LKPP RI Nomor 7743/D.1/03/2024.

“Dengan demikian perihal Surat Penunjukan dan Konfirmasi untuk Mengikuti Pilotting Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang berkelanjutan maka LKPP RI berkolaborasi dengan KLHK bermaksud untuk melaksanakan piloting project pengadaan pemerintah yang berkelanjutan pada 5 wilayah termasuk Provinsi Kalsel,” tutupnya. MC Kalsel/Fuz

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button