Pertahanan

IKAHAN Buka Puasa Bersama 2024

IKAHAN Buka Puasa Bersama 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Jakarta – Sejumlah Pejabat Eselon I, II, dan III Kemhan, menghadiri acara IKAHAN Buka Puasa Bersama 2024 di ST Regis Hotel, Jakarta, Selasa (19/3). Tampak hadir juga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono dan sejumlah pejabat TNI lainnya.

Ikatan Alumni Pertahanan Australia-Indonesia, yang dikenal sebagai IKAHAN merupakan asosiasi alumni yang dibangun dengan tujuan menjaga silaturahmi yang erat antara generasi sekarang dan generasi penerus antara Angkatan Bersenjata Australia (Australian Defence Force/ADF) dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Keberadaan IKAHAN memiliki kontribusi positif terhadap keberhasilan hubungan bilateral pertahanan Australia – Indonesia.

Dalam sambutan pembuka, Australian Defence Attaché Brigadier Matt Campbell menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu dalam acara IKAHAN Buka Puasa Bersama.

“Acara ini merupakan peringatan untuk kedua negara kita, yang telah menjalin persahabatan erat dan kokoh selama bertahun-tahun. Saya sangat menghargai dukungan dan partisipasi semua yang telah membuat acara IKAHAN ini berhasil,” ujar Brigadier Matt Campbell.

“Acara ini merupakan kehormatan bagi kami untuk merayakan momen bersejarah, yaitu Perayaan IKAHAN yang ke-13, dan bertepatan di bulan Ramadan yang penuh berkah. Kami berkomitmen untuk terus mempererat hubungan ini di masa mendatang,” sambungnya.

Sementara itu, Charge d’affaires to Indonesia Mr. Steve Scott menyampaikan rasa bangganya melihat hubungan antara organisasi pertahanan Indonesia dan Australia yang terus berkembang.

“Peringatan-peringatan penting yang disoroti oleh Atase Pertahanan kami di awal acara ini sangatlah signifikan, termasuk momen di mana Bapak Prabowo Subianto ikut serta dalam pertukaran Taruna antara Royal Military College (RMC) Duntroon dan Akmil. Tepat 50 tahun yang lalu pada tahun 1974, dimana Bapak Prabowo Subianto saat itu berpangkat Letnan Dua,” tambah Steve Scott.

Sebagai tanda bertambah usianya IKAHAN yang ke-13 (2011-2024), selanjutnya dilakukan pemukulan gong oleh Charge d’affaires Mr. Steve Scott didampingi Brigadier Matt Campbell dan Laksamana TNI (Purn.) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M. Semoga diusia yang ke-13 IKAHAN dapat terus menjadi wadah pertahanan antara Indonesia dan Australia dalam menjalin persahabatan antar dua negara.

Di akhir sebagai penutup sambutan, Counsellor Defence Policy Mr. Chris Mcllwain menyatakan seiring dengan bertambahnya usia IKAHAN, dapat dilihat IKAHAN bertumbuh dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir, sejalan dengan berkembangnya skala acara dan kegiatan IKAHAN. “Agenda IKAHAN ke depan akan semakin padat. Kegiatan kami selanjutnya adalah acara Anzac Day Millitary Attache yang akan diadakan pada tanggal 26 April”, tutup Chris Mcllwain.

Rangkaian kegiatan IKAHAN Buka Puasa Bersama ini juga diisi dengan Kultum oleh Ustad Erik Yusuf, Sholat Magrib berjamaah, dan hiburan tarian tradisional dari Indonesia seperti Tari Saman, Tari Rampak Bedug, dan Tari Piring. (Biro Humas Setjen Kemhan)

sumber : www.kemhan.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button