AdvertorialParlemenTanah Bumbu

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Pengendalian Inflasi Daerah Jelang Ramadan

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu)  ikut zoom meeting bersama Kemendagri terkait Rakoor Pengendalian Inflasi jelang ramadan, Senin (4/3/2024).

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian memimpin zoom meeting tersebut.

Ia mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa jelang ramadan juga Idul Fitri konsumsi masyarakat cenderung meningkat. Tentu saja hal ini berimbas kepada inflasi yang meningkat pula.

Kehadiran negara dalam menstabilkan pasokan harga pangan menjadi teramat penting.

Pemerintah dan masyarakat tentu memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan ketersediaan dan akses pangan yang cukup bagi seluruh masyarakat.

Terutama di tengah meningkatnya permintaan dan kebutuhan jelang dan selama ramadan, juga Idul Fitri pada tahun ini.

“Melalui kebijakan yang tepat. Pemerintah untuk dapat mengkondisikan dengan baik, melalui produksi, distribusi hingga konsumsi. Sehingga menghindari terjadinya lonjakan harga yang tidak terkendali,” ujarnya.

Selain itu pemerintah juga memiliki peranan penting dalam mengendalikan spekulan dan penimbunan pangan yang dapat menyebabkan fluktuasi harga yang tidak stabil.

Melalui pengawasan dan regulasi yang ketat, pemerintah tentunya dapat mencegah praktik-praktik tidak etis yang dapat merugikan konsumen dan mempengaruhi stabilitas harga pangan.

Ini artinya di butuhkan kerjasama, sinergi, kolaborasi antar kementerian dan juga lembaga terkait. Pemerintah pusat dan daerah serta seluruh srakehokder terkait pasokan dan juga harga pangan di Indonesia.

Sementara dukungan dan insentif kepada para petani dan produsen lokal dan untuk meningkatkan produksi pangan juga menjadi penting. Demi meningkatkan ketersediaan pangan lokal untuk mengurangi ketergantungan pada impor.

Hadir pada zoom meeting tersebut BPS, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Sosial, dan Bagian Perekonomian SDA dan Administrasi Pembangunan Setda Tanbu. (Ags)

 

 

sumber : mc.tanahbumbukab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button