Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Kebakaran di Berangas Timur dan Simpang Sei Mesa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana kebakaran di dua tempat sekaligus yaitu di Desa Berangas Timur RT 3, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola dan Jalan Simpang Sei Mesa RT 12 RW 02 Gang II Darussalam, Kelurahan Seberang Masjid, Banjarmasin Tengah.

Plt Kepala Dinas Sosial Prov Kalsel Muhammadun melalui Kepala Bidang Penanganan Bencana, Achmadi mengatakan musibah kebakaran terjadi dua hari berturut-turut, yaitu Kamis (29/2) dan Jumat (1/3).

“Musibah kebakaran yang terjadi di desa Berangas Timur RT 3, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola menghanguskan enam rumah. Lima rumah rata dengan tanah dan satu rumah rusak ringan dan juga satu orang mengalami luka bakar ringan, sehingga 18 jiwa kehilangan tempat tinggalnya,” ucap Achmadi, Banjarmasin, Jumat (1/3/2024).

Ditambahkan Achmadi, kebakaran kembali terjadi di Jalan Simpang Sei Mesa RT 12 RW 02 Gang II Darussalam, Kelurahan Seberang Masjid, Banjarmasin Tengah menghanguskan tiga buah rumah mengakibatkan 5 KK dan 8 jiwa harus mengungsi.

“Sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor kita langsung bergerak untuk menyalurkan bantuan tanggap darurat bencana kebakaran ke dua lokasi tersebut. Kemarin telah kita salurkan ke Batola dan hari ini kita salurkan ke Banjarmasin Tengah,” ucap Achmadi.

Bantuan yang disalurkan berupa makanan siap saji, makanan anak, kasur, selimut, kidsware, family kit, mie instan, air mineral, teh, sarden, susu, gula, sarung, celana, dan baju.

“Adapun penyebab kebakaran kedua lokasi tersebut masih diselidiki pihak kepolisian, tetapi laporan dari masyarakat sekitar di duga konsleting listrik. Memang dilihat dari bangunan yang terbakar, usia bangunan rumah cukup tua dan juga berbahan material kayu sehingga api dengan cepat berkobar,” terang Achmadi.

Dirinya pun berharap masyarakat bisa lebih bijak untuk penggunaan dan instalasi listrik dirumah masing-masing dan juga tidak lengah dengan pemakaian listrik. MC Kalsel/Rns

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button