Kalimantan Selatan

Kick OFF Meeting Pokja PKP, Sinergi Ciptakan Pembangunan Perumahan, Air Minum, dan Sanitasi

Saat ini, pembangunan perumahan, air minum, dan sanitasi telah menjadi kebutuhan esensial yang harus terpenuhi oleh masyarakat. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyadari bahwa kolaborasi multisektor adalah kunci dalam menciptakan sinergi pembangunan sektor ini.

“Melalui kolaborasi dan sinergi dari pemangku kepentingan di berbagai sektor, diharapkan dapat memacu pencapaian target layanan pembangunan perumahan, air minum, dan sanitasi yang memadai di Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Ketua Pokja PKP Kalsel sekaligus Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar diwakili oleh Kepala Seksi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman Dinas PUPR Kalsel Angga Rinaldi Rizal pada kegiatan Kick Off Meeting Tahunan Pokja PKP tahun 2024 di Banjarbaru, Kamis (29/2/2024).

Ia mengatakan untuk mencapai target RPJMN 2020-2024, SDGS 2030 dan RPJMD Provinsi Tahun 2022-2026 sektor perumahan, air minum, dan sanitasi, keberadaan Pokja PKP sangat penting dalam membangun kolaborasi dan sinergi di antara stakeholder.

Apalagi Pokja PKP telah terbentuk baik di Kabupaten/kota dengan keaktifan yang beragam. Namun, penguatan Pokja diperlukan untuk mengawal dan melaksanakan pembangunan perumahan, air minum, dan sanitasi yang sinergis dan kolaboratif.

“Untuk itu pemerintah memiliki keterbatasan dalam pendanaan, sumber daya manusia, dan waktu dalam pendampingan proses perencanaan, pelaksanaan, pembangunan, pemanfaatan hingga pengendalian,” ujarnya.

Melalui skema pembangunan dengan melibatkan swasta dan masyarakat, mereka dapat menyampaikan aspirasinya dan memberikan solusi yang tepat untuk meningkatkan pelayanan serta meningkatkan kemandirian dengan memanfaatkan sarana dan prasaran yang telah dibangun.

Keterlibatan masyarakat dalam Pokja PKP Kalsel juga sangat penting guna meningkatkan sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mencapai sasaran pembangunan.

“Mari bersama-sama membentuk kolaborasi multisektor yang kuat untuk mencapai pencapaian target layanan pembangunan perumahan, air minum, dan sanitasi yang optimal di Kalimantan Selatan,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button