AdvertorialSosial BudayaTanah Bumbu

TP PKK Tanbu: Pentingnya Kader Pangan di Posyandu

BATULICIN – Sebanyak 150 Kader Pangan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengikuti sosialisasi pelayanan meja enam Posyandu. Sosialisasi digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanbu bertempat di Kantor Bupati Tanbu, Selasa (20/2/2024).

Bupati Abah Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Putu Wisnu Wardana membuka secara resmi sosialisasi tersebut.

Bupati, sebut Wisnu menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan sosialisasi kader pangan pelayanan meja enam posyandu.

“Sosialisasi ini penting, terutama sebagai penegasan tugas dan peran Kader Pangan di Posyandu meja enam,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti mengatakan Posyandu merupakan tempat kegiatan di masyarakat yang memiliki peran sangat penting.

Posyandu di harapkan mampu memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan anak dan pola konsumsi keluarga.

Serta memanfaatkan pekarangan dalam menyediakan bahan pangan untuk konsumsi yang beragam, bergizi, sehat dan seimbang.

“Keberadaan Posyandu bagi pemerintah perannya sangat besar dalam pembangunan kualitas generasi bangsa, khususnya kesehatan bayi dan balita,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan agar para kader menghimbau pengunjung Posyandu dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya dengan menaman tanaman yang bergizi.

Kepala DKPP Tanbu melalui Kabid Ketahanan Pangan, Rahbiyah melaporkan kegiatan sosialisasi dengan peserta sebanyak 150 Kader Pangan Posyandu. Sosialisasi mengusung tema Penguatan Ketahanan Pangan Masyarakat melalui Pemberdayaan Kader Pangan.

“Tujuan sosialisasi untuk penegasan tugas kader pangan pada meja enam Posyandu,” ujarnya.

Sekedar informasi, meja enam Posyandu bertugas mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah agar di tanam tanaman yang bisa di konsumsi.

Sehingga tidak hanya berdampak pada ketahanan pangan dalam keluarga, juga di harapkan meningkatkan perekonomian keluarga.

Berdasararkan Permendagri No 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu. Terdiri dari Tujuh kegiatan yakni Meja 1 Pendaftaran, 2 Penimbangan, 3 Pencatatan atau Pengisian KMS, 4 Penyuluhan Kesehatan, 5 Pelayanan Kesehatan, 6 Percepatan Penganekaragaman Pangan, 7 Peningkatan perekonomian keluarga.

Hadir pada sosialisasi tersebut, 12 Mantri Tani, Kepala Balai Penyuluh Pertanian se-Tanbu, perwakilan SKPD terkait Pemkab Tanbu, dan Analis Ketahanan Pangan Ahli Muda Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan. (Fit)

sumber : mc.tanahbumbukab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button