Kalimantan Selatan

Hadiri Rakernas ASKOMPSI, Kadis Kominfo: Percepatan Transformasi Digital Sejalan dengan Misi Gubernur

Kadis Kominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim (tengah) pada Malam Anugerah ASKOMPSI Digital Leadership Government Award 2023. Dok

Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dengan fokus membahas peran pemerintah daerah dalam mendukung percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional, di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat pada 21 hingga 23 Februari 2024.

Mengapresiasi Rakernas, Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Muhamad Muslim, mengatakan tema yang diusung sejalan dengan misi Gubernur Kalsel, yakni tata kelola pemerintahan yang lebih fokus pada pelayanan publik.

“Dalam mewujudkan misi gubernur, tentu digitalisasi memegang peranan penting. Saat ini, kami tengah fokus memperkuat infrastruktur jaringan, sebagai salah satu upaya mempercepat transformasi digital di Kalsel,” kata Muslim, Majalengka, Rabu (21/02/2024).

Selain infrastruktur, Muslim menyebutkan penerapan SPBE dan pemanfaatan satu data juga menjadi prioritas Ia dan jajaran. Seperti yang tertuang dalam SE Mendagri Nomor 000.9.3.2/92/SJ, lanjut Muslim, penerapan SPBE dengan mengutamakan efektivitas dan efisiensi, penyederhanaan birokrasi, serta konsolidasi aplikasi menjadi hal yang harus dilakukan pemerintah daerah dalam mewujudkan percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional.

“Dengan SPBE masif yang didukung dengan data serta keamanan informasi, dapat membuat publik mudah dalam menggunakan layanan pemerintah di berbagai sektor, sepeti pendidikan, kesehatan, dan sosial,” ucap Muslim.

Diketahui, Rakernas ini akan diisi oleh sejumlah narasumber dari kementerian dan lembaga, di antaranya Kemendagri, KemenPAN-RB, BSSN, dan Bappenas. Selain diskusi dengan narasumber, Muslim pun berharap dapat berbagi wawasan dengan perwakilan Dinas Kominfo se-Indonesia.

“Mudah-mudahan Rakernas ASKOMPSI tahun ini berjalan lancar, dan banyak inspirasi yang bisa kami bawa untuk mendorong percepatan transformasi digital Banua,” tutup Muslim. MC Kalsel/AY

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button