Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Akan Ambil Alih Bus BTS

Kepala Dishub Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) di tahun ini akan bersiap melaksanakan handover atau pengambilalihan bus BTS (Buy The Service) atau yang dikenal dengan tayo hijau, dari yang sebelumnya dikelola oleh Kementerian Perhubungan berganti pengelolaan ke Dishub Provinsi Kalsel, Banjarmasin, Selasa (6/2/2024).

Kepala Dishub Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan, pengambilalihan bus BTS ini merupakan program prioritas Dishub Kalsel di 2024 yang akan segera direaliasasikan pada 1 April mendatang.

“Untuk pengelolaannya kita akan berkolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Banjarbakula (Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Barito Kuala),” kata Fitri.

Kemudian Fitri menyampaikan, nantinya Dishub Provinsi Kalsel akan menggabungkan operasi BTS dengan BRT yang sudah dimiliki Pemprov Kalsel.

“Terkait retribusi juga telah berdasarkan Perda. Nantinya akan menerapkan tarif seperti BRT yakni Rp5.000,00 per orang, tetapi tetap ada tarif khusus untuk pelajar, lansia dan disabilitas serta nantinya pembayaran menggunakan e-money,” ujar Fitri.

Selanjutnya, Dishub Kalsel telah bersinergi dengan wilayah Banjarbakula, seperti Kabupaten Banjar akan melaksanakan perpanjangan trayek sampai ke Ponpes Darussalam, kemudian dengan Pemko Banjarbaru akan melayani koridor A dan Koridor B yaitu Jurusan Panglima Batur dan Pelabuhan Trisakti,” ujar Fitri.

“Dengan Pemkab Tanah Laut akan sampai ke terminal tipe C di Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari serta ke arah jurusan Marabahan Barito Kuala,” jelas Fitri. MC Kalsel/scw

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button