Kalimantan Selatan

Program Merdeka Sampah Jalan Protokol, SKPD Pemprov Kalsel Bersihkan 4,39 Ton Sampah











Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Program Merdeka Sampah Jalan Protokol menginisiasi aksi bersih jalan protokol yang dilaksanakan pada Jumat (19/1/2024). Aksi dilaksanakan sepanjang ruas Jl Ahmad Yani Km 4 hingga Km 17 dan terbagi dalam 15 titik aksi bersih.

Peserta aksi bersih sejumlah 701 orang yang berasal dari :

  1. DLH Provinsi Kalsel beserta UPTD TPAS Banjarbakula dan UPTD Laboratorium Lingkungan Provinsi Kalsel sebanyak 112 orang.
  2. SKPD lingkup Provinsi Kalsel dari 39 SKPD (Inspektorat/Badan/Dinas/Biro/Rumah Sakit tidak temasuk DLH Provinsi Kalsel) sebanyak 478 orang.
  3. TNI AD (Korem 101/Antasari, Kodim 1006/Banjar, Kodim 1007/Banjarmasin, Koramil setempat) sebanyak 41 orang.
  4. DPRKPLH Kabupaten Banjar sebanyak 20 orang.
  5. DLH Kota Banjarmasin sebanyak 40 orang.
  6. Perwakilan Kecamatan/Desa setempat sebanyak 10 Orang.

“Dari aksi bersih yang dilaksanakan hari ini terkumpul sampah yang didominasi plastik sejumlah 1,69 ton yang dikirim ke UPTD TPAS Regional Banjarbakula, 2 ton sampah ke TPA Cahaya Kencana Kabupaten Banjar dan 0,7 ton sampah dikirim ke TPA Basirih Kota Banjarmasin. Total sampah yang dikumpulkan sejumlah 4,39 ton,” kata Kepala DLH Prov Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana.

Kegiatan ini sebagai bentuk kampanye yang dilaksanakan oleh Pemprov Kalsel untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk peduli lingkungan dan bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan.

“Diketahui sepanjang jalan protokol ke Banjarbaru khususnya A Yani masih banyak didapati sampah berceceran di sungai serta adanya TPS liar juga masyarakat yang menitipkan sampah domestik sepanjang jalan,” ucapnya.

Dirinya pun berharap dengan aksi bersih-bersih ini, sepanjang jalan A Yani menjadi bersih dan masyarakat juga menjadi segan untuk membuang sampah di sepanjang jalan protokol.

“Semoga aksi ini bisa diteruskan kabupaten/kota bahkan di lingkungan masing-masing,” terang Hanifah. MC Kalsel/Rns


sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button