Kalimantan Selatan

Kunjungan ke Dispusip Tala, Dispersip Kalsel Gencarkan Peningkatan Indeks Literasi

Dalam rangka menyelaraskan program bidang perpustakaan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie melakukan kunjungan ke sejumlah Dispersip kabupaten/kota.

Kali ini Nurliani berkesemapatan mengunjunginya Dispusip Kabupaten Tanah Laut (Tala). Pada kunjungannya itu, Nurliani memberikan arahan agar Dispusip Tala lebih militan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di Kabupaten Tala.

“Selain untuk menyelaraskan program, kami juga ingin memberikan motivasi kepada Dinas Perpustakaan di daerah untuk lebih gencar dalam meningkatkan indek literasi kita,” kata Nurliani, Rabu (17/1/2024).

Bahkan Nurliani juga sangat mendukung pelaksanaan inovasi Program Rumah Belajar Modern yang dilaksanakan Dispusip Tala sejak tahun 2023.

“Ini sebagai wujud implementasi dari Program Nasional, Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial,” jelasnya.

Rumah Belajar Modern Dispusip Tala adalah sebuah program yang menitikberatkan pada fungsi Perpustakaan Daerah sebagai wahana pembelajaran sepanjang hayat.

Setiap sore hari, Dispusip Tala melaksanakan beragam kelas pembelajaran untuk warga Kabupaten Tanah Laut.

Adapun beragam kelas pembelajaran dimaksud diantarannya yaitu Kelas Bahasa Inggris, Kelas Sejarah, Kelas Barista, Kelas Pantry dan Bakery, Kelas Film, Kelas Teater, Kelas Musik dan Kelas Fahmil Qur’an.

Kepala Bidang Perpustakaan, Aditya Nugraha, berharap agar dengan beberapa kelas yang mereka buka, masyarakat Tanah Laut sudah memiliki keahlian sesuai dengan minat dan bakatnya sebelum masuk ke dunia kerja. MC Kalsel/Jml

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button