Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Terus Tingkatkan Pembinaan Eks Kimtrans 2024

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan akan terus memasifkan pengembangan dan pembinaan Daerah Eks Pemukiman Transmigrasi (Kimtrans) yang ada di Kalimantan Selatan pada 2024.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti bahwa pihaknya terus mengupayakan pembinaan sekaligus pengembangan masyarakat yang berada di kawasan Eks Kimtrans.

Dari hasil monitoring serta evaluasi 2023, bahwa pembinaan dan pengembangan yang pihaknya laksanakan sangat berbuah manis bagi masyarakat di daerah Eks Kimstrans

“Hal itu disebabkan  seperti kegiatan budidaya ternak domba di eks Kimtrans Kabupaten Balangan ada beberapa hewan ternak yang sudah beranak, kemudian pelatihan membuat kain sasirangan di kabupaten Tanah Bumbu, yang mana hasil olahan sasirangan mereka dilibatkan langsung dinas ketenagakerjaan setempat di setiap event,” katanya, Banjarmasin, Rabu (10/1/2024).

Ia menerangkan pelatihan dan pembudidayaan lakukan di tahun 2023, tersebut sangat mendukung dalam meningkatkan produktifitas dan peningkatan perekonomian daerah sesuai dengan arahan dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam mengembangkan perekonomian, infrastruktur dan kelembagaan pada kawasan transmigrasi di Kalimantan Selatan.

Untuk itu, di 2024, Pemprov Kalsel Akan terus melakukan upaya pembinaaan dua eks Kimtrans tersebut mengingat pemukimannya belum menjadi desa definitif.

“Untuk itu, terus diupayakan pembinaan dan pengembangan. Meskipun demikian, kami juga tetap memperhatikan eks kimtrans lainnya untuk dilakukan pembinaan sesuai dengan apa yang perlu dikembangkan dan dibutuhkan di daerah tersebut,” tambahnya.

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button