Kalimantan Selatan

Peringati Hari Kanker Sedunia, YKI Kalsel Fasilitasi Pemeriksaan Pap Smear bagi 100 Wanita

Dalam rangka memperingati hari kanker sedunia yang akan dilaksanakan bulan mendatang, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Koordinator Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan fasilitas pemeriksaan Pap Smear secara gratis kepada 100 orang wanita.

Sekretaris 2 YKI Koodinator Kalsel, Agustina Tarigan mengatakan, kegiatan pap smear gratis ini untuk lebih meningkatkan kesadaran wanita tentang pentingnya mendeteksi dini kanker didaerah rawan pada wanita, Banjarmasin, Senin (8/1/2024).

“Untuk tingkat kesadaran masyarakat Kalsel sudah lebih baik, kalau dulu bisa dikatakan masih kurang familiar dengan pemeriksaan seperti ini,” kata Agustina.

Agustina menyampaikan, pihaknya selalu melakukan sosialisasi dan seminar awam yang pesertanya dari organisasi-organisasi wanita lintas sektor, bahkan tidak jarang juga mendatangi SMA dan Pesantren untuk memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi.

“Biasanya kita memberikan sosialisasi dasar seperti gejala, cara pencegahan, penerapan pola hidup sehat,” ucap Agustina.

YKI Koordinator Kalsel melayani pemeriksaan setiap harinya dengan biaya cukup terjangkau, seperti pemeriksaan Pap Smear, Iva Test, Pemeriksaan Payudara, KB dan Imunisasi. MC Kalsel/scw

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button