Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Targetkan Pembangunan Masjid Syekh Arsyad Al-Banjari dan Tugu 0 Km Selesai Akhir Tahun 2024

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kalsel pada tahun 2024 akan memprioritaskan menyelesaikan dua megaproyek pembangunan yaitu Masjid Raya Syekh Arsyad Al-Banjari di Perkantotan Gubernur Kalsel dan Tugu Nol Kilometer di Banjarmasin.

“Ada dua mega proyek di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menggunakan sistem multiyears atau tahun jamak, dan ditargetkan selesai di 2024,” kata Kadis PUPR Kalsel Ahmad Solhan melalui Kabid Cipta Karya, Yulianti Erlynah didampingi Kepala Seksi Tata Bangunan, Syamsul Bahri, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman dan Air Minum, Angga Rinaldi Rizal dan Kepala Seksi Pembinaan Teknis Penyehatan Lingkungan Air Minum dan Bangunan Irwan Yunizar saat konferensi pers di Banjarbaru, Kamis (4/1/2024).

Yulianti mengatakan, untuk pembangunan Masjid Syekh Arsyad Al-Banjari capaiannya sudah 56 persen. Diharapkan tidak ada kendala agar rampung sesuai target.

“Masjid di perkantoran gubernur ini memakan anggaran dari APBD sebanyak Rp121 miliar. Bangunan bergaya rumah Banjar, dengan bubungan tinggi dengan luas 4 ribu meter persegi, serta bisa menampung sebanyak 3.000 jemaah,” ujarnya.

Sedangkan pembangunan Tugu Nol Kilometer di Banjarmasin, menyerap anggaran hingga Rp120 miliar yang bersumber dari APBD.

“Progresnya sudah 60 persen dan dilanjutkan di tahun ini,” ungkapnya.

Menurutnya, tinggi tugu ini mencapai 99 meter. Namun yang bisa dinaiki pengunjung nantinya hanya 66 meter. Di sana juga akan disediakan stand UKM dan plaza.

“KM tidak hanya di sekitaran tugu, tapi juga di dalam tugu hingga lantai empat,” jelasnya. MC Kalsel/tgh

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button