Nasional

Tinjau Pasar Waru, Presiden: Beberapa Komoditas Tunjukan Perubahan Positif

Presiden Jokowi melakukan peninjauan harga-harga di Pasar Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/12/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan harga-harga di Pasar Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/12/2023). Dalam keterangan persnya, Presiden menyampaikan hasil peninjauan harga beberapa komoditas pokok yang menunjukkan adanya perubahan yang positif.

“Ya ini ngecek harga-harga di pasar di Penajam Paser Utara, di PPU. Saya lihat sangat baik. Cabai rawit yang sebelumnya Rp120 [ribu] sampai Rp100 [ribu], hari ini saya cek tadi sudah Rp80 [ribu], bagus. Dan bawang merah juga di harga Rp30 [ribu]-Rp35 [ribu], juga bagus saya kira, ya baik. Itu saja, yang lain-lain saya kira stabil,” kata Presiden Jokowi usai peninjauan.

Terkait harga beras yang mengalami kenaikan signifikan tahun 2022, dari harga beras yang awalnya Rp9.000 per kilogram kini mencapai Rp14.000 per kilogram, Presiden menjelaskan bahwa hal tersebut karena komoditas menjadi rebutan seluruh negara.

“Ya itu seluruh dunia. Seluruh dunia yang namanya gandum, yang namanya beras, semuanya naik karena memang produksi turun, pasokan kurang, sehingga menjadi komoditi beras menjadi rebutan seluruh negara. Semuanya, semuanya.”

Presiden juga menegaskan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan cadangan strategis beras melalui BULOG guna menghadapi fluktuasi pasar global.

“Dan kita ini juga masih terus untuk memperbesar stok di BULOG, kita juga terus mencari agar cadangan strategis beras kita betul-betul pada kondisi yang aman, ya,” pungkasnya.

Turut mendampingi Presiden yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil. (FID/SM)

sumber : setkab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button