AdvertorialEkonomiTanah Bumbu

Pemkab Tanbu Gelar Workshop Percepatan dan Penguatan Reformasi Birokrasi dan SAKIP

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar workshop percepatan dan penguatan reformasi birokrasi dan SAKIP, 11-12 Desember 2023.

Bertempat di Aula BPKP Perwakilan Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Workshop di buka Bupati Tanbu Zairullah Azhar di wakili Sekda Ambo Sakka.

Bupati dalam sambutannya di sampaikan Sekda Ambo Sakka mengatakan menyambut baik di laksanakannya Workshop tersebut.

Reformasi Birokrasi merupakan sebuah kebutuhan di tengah dinamika kompleksitas global yang menyebabkan tuntutan masyarakat yang semakin tinggi.

Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Tanbu dapat di lihat dari dua sisi, yaitu sisi perencanaan dan sisi pelaksanaan.

Pada sisi perencanaan, konteks Reformasi Birokrasi perlu peningkatan akselerasi tata kelola pemerintahan.

Mendorong percepatan pencapaian pembangunan nasional umumnya dan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu khususnya.

Pada sisi pelaksanaannya, pengelolaan Reformasi Birokrasi perlu peningkatan agar bisa di rasakan masayarakat.

Misalnya terkait kinerja konkret bagi masyarakat, pelayanan publik dan pengurangan kemiskinan.

Peningkatan investasi, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, seperti tertuang pada RPJMD.

Sedangkan SAKIP adalah integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Salah satu langkah konkret yang di lakukan untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan akuntabel, di perlukan pengembangan dan penerapan yang tepat, jelas dan terukur melalui SAKIP.

Bupati berharap peserta workshop agar mampu meningkatkan pemahaman tentang perencanaan dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan implementasi SAKIP.

Sehingga dapat membangun masa depan yang lebih cerah bagi daerah, terutama dalam menggapai cita-cita bersama.

Guna mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud Menuju Serambi Madinah.

Sementara itu, Kabag Organisasi Setda Tanbu Arif Rahman Hakim menambahkan tujuan umum di laksanakannya workshop percepatan dan penguatan reformasi birokrasi dan SAKIP yakni mendorong peningkatan pembangunan reformasi birokrasi dan SAKIP baik pada tingkat Pemerintah Daerah maupun pada tingkat Perangkat Daerah.

Memperkuat pemahaman kepada Perangkat Daerah/Unit Kerja tentang peran perencanaan dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi serta Implementasi SAKIP dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Mendorong budaya kinerja dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan menyusun indikator kinerja dan penjenjangan kinerja dalam rangka mencapai sasaran reformasi birokrasi yang bersih dan akuntabel.

Mendorong terciptanya sistem akuntabilitas dan peningkatan kinerja yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Tujuan khususnya yaitu setelah selesai mengikuti workshop percepatan dan penguatan reformasi birokrasi dan SAKIP Kerja peserta di harapkan mampu memahami penyelenggaraan reformasi birokrasi dalam rangka peningkatan kualitas reformasi birokrasi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Menyusun rencana aksi dan penjenjangan kinerja reformasi birokrasi general dan tematik.

Memahami rangkaian sistematik dari perumusan dan penerapan SAKIP yang berorientasi pada outcome.

Menyelaraskan IKU RPJMD dengan IKU Renstra SKPD serta menyusun program kerja daerah yang berorientasi pada outcome.

Memperbaiki kualitas pelaksanaan reformasi dan SAKIP dalam rangka peningkatan predikat dan nilai reformasi dan SAKIP.

Arif mengatakan, materi kegiatan Workshop/Sosialisasi Budaya Kerja meliputi Percepatan Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan Reformasi Birokrasi, Percepatan dan Peningkatan Kualitas SAKIP, serta Evaluasi Reformasi Birokrasi dan SAKIP.

“Peserta workshop merupakan seluruh Perangkat Daerah/Unit Kerja lingkup Pemkab Tanah Bumbu, yaitu Sekretaris/Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian Perencanaaan dan Kepala Sub Bagian umum dan Kepegawaian,” ujarnya.

Narasumber yakni Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan KMP LAN Makassar, dan Koordinator Penjaminan Mutu SAKIP Provinsi Kalsel.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, sebutnya, di harapkan para peserta dapat memahami penyelenggaraan reformasi birokrasi dan terlibat aktif dalam upaya peningkatan kemajuan pelaksanaannya pada Perangkat Daerah/Unit Kerja masing-masing.

Juga bagi para peserta dapat memahami implementasi SAKIP khususnya perbaikan dalam perumusan dan penerapan SAKIP dalam upaya perbaikan dan peningkatan kualitas dan predikatnya.

“Harapannya melalui kegiatan ini memberikan dampak yang kuat terhadap perbaikan penerapan Reformasi Birokrasi dan SAKIP Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkasnya. (Ddi)

sumber : mc.tanahbumbukab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button