Kalimantan Selatan

Sinergi Majukan Reforma Agraria di Kalsel

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) berkolaborasi dengan Kantor Wilayah BPN Provinsi (Kalsel) menggelar Rapat Koordinasi Akhir Tahun Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Kalsel Tahun 2023, Banjarbaru, Kamis (7/11/2023).

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Sulkan mengapresiasi kerja keras dan dedikasi yang solid sehingga menghasilkan berbagai kemajuan terkait capaian program reforma agraria di Kalsel.

“Rakor ini dapat menjadi momentum untuk mengevaluasi program dan kegiatan selama 2023, serta dapat menghasilkan penyelesaian terhadap beberapa permasalahan pertanahan yang ada agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat,” ujar Sulkan.

Ia juga menyebutkan hasil rakor ini diharapkan dapat meningkatkan capaian penataan aset dan akses reforma agraria untuk kesejahteraan masyarakat berupa penyelesaian sengketa atau masalah hak atas tanah melalui berbagai program seperti tora, serta program pemberdayaan masyarakat lainnya.

“Capaian kinerja tim gugus tugas reforma agraria sepanjang tahun 2023 ini,  memberikan dampak positif dapat dirasakan oleh masyarakat, khususnya dalam menghadirkan keadilan agraria,” ujar Sulkan.

Saat ini, berbagai permasalahan sosial di masyarakat, seperti kantong kemiskinan ekstrem, stunting dan persoalan sosial lainnya dapat terkonsolidasi dan teratasi dengan baik, jika program-program refoma agraria dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk itu, katanya, ke depan mudah-mudahan kegiatan redistribusi aset, dapat berjalan semakin baik, sehingga memberikan peluang masyarakat untuk melakukan peningkatan kesejahteraan.

“Dengan sinergi dan kolaborasi baik yang terjalin di antara para pemangku kepentingan daerah, berbagai reformasi regulasi sektor pertanahan dapat terus dikembangkan dengan membawa semangat untuk mewujudkan keadilan agraria,”tambahnya. (MC Kalsel/scw

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button