Kalimantan Selatan

AMPK 2023 Sukses Digelar Pemprov Kalsel

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kalsel sukses menggelar Anugerah Media Pemprov Kalsel (AMPK) 2023, Rabu,(7/12/2023) malam, di Rattan Inn Banjarmasin.

Kegiatan tersebut turut dihadiri dan dibuka  Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Setdaprov Kalsel, Sulkan, dan turut hadiri para asisten, staf ahli gubernur, dan kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel serta Kepala Dinas Kominfo kabupaten/kota se-Kalsel.

Ia menyampaikan selamat kepada penerima anugerah apresiasi media pemerintah. Dengan adanya apresiasi ini, diharapkan media Pemprov Kalsel mampu berkembang lebih adaptif dan kreatif, terhadap perkembangan informasi dalam lingkup pemerintahan di Provinsi Kalsel.

“Media pemerintah manapun yang menerima anugerah ini, harus bisa menjaga momentum dan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi arus informasi yang begitu cepat. Apalagi kedepan, ruang-ruang publik dibanjiri informasi yang mengalir begitu deras dari kanal-kanal informasi, terutama dari sosial media,” katanya.

Sayangnya, katanya, informasi yang beredar di ruang publik, bukan hanya bermuatan pesan positif, tetapi juga mengandung pesan negatif, bahkan juga sering muncul informasi bohong atau hoaks.

Dia berharap media pemerintah mampu menetralisir perkembangan informasi dalam kemasan yang baik.

Media pemerintah, lanjutnya, dituntut mampu menjadi pencerah dan penyeimbang dalam menyajikan informasi yang akurat dan menarik.

“Apalagi sekarang ini kita ada dalam masa kampanye Pemilu 2024, dimana banyak bermunculan isu-isu pemilu dan realitas politik, yang mengarah kepada narasi negatif dan berpotensi menimbulkan perpecahan dan permusuhan. Jika media pemerintah bisa memainkan peran strategisnya, Insya Allah tantangan besar ini bisa kita lewati,” ujarnya.

Dalam menghadapi pesatnya perkembangan informasi, ada tiga hal yang ditekankan Sahbirin kepada pengelola media pemerintah, pertama para pelaku media pemerintah harus aktif berkomunikasi kepada masyarakat, media pemerintah harus mempunyai agenda setting dan narasi tunggal dalam berkomunikasi ke masyarakat dan mempunyai framing atas isu, dan menjelaskan isu secara terbuka kepada masyarakat.

“Tidak perlu tarung informasi antar instansi pemerintah, serta dorong keterlibatan publik dalam pengambilan keputusan.Ketiga hal ini harus bisa diterapkan secara efektif, sehingga kolaborasi dan koordinasi antar pengelola media pemerintah berlangsung dengan baik,” tegasnya.

Diperkirakan ke depan, kolaborasi dan koordinasi ini tidak ada hambatan lagi, dengan keberadaan Forum Media Center se kalimantan selatan, yang juga diluncurkan malam ini.

“Keberadaan media pemerintah dan Forum Media Center se-Kalsel, mampu membuat reputasi yang positif dan memainkan peran sebagai agen promosi daerah dan sekaligus meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan di Kalsel,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan apresiasi kepada media kehumasan se-Kalsel dan kemitraan yang telah terjalin.

Penilaian dilakukan kepada 32 SKPD lingkup Pemprov Kalsel dari 47 sasaran untuk empat kategori yakni media online, media sosial, website, dan influenzer. Selain itu, ikut serta dinilai 7 dari 13 Dinas Kominfo kabupaten/kota di Kalsel.

“Tahapan penilaian dilakukan mulai penyisihan hingga wawancara dengan lima nominator per kategori dan diputuskan tiga pemenang dalam setiap kategori,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, dilakukan juga, launching Forum Media Center se-Kalsel untuk memperkuat pertukaran infomasi antara Pemprov Kalsel dengan 13 Pemkab/Pemko.

Selanjutnya, diumumkan para pemenang AMPK 2023 di semua kategori, Kategori Media Massa Online terbaik yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kehutanan, dan Dinas Peternakan dan Perkebunan.

Di kategori Media Sosial, peringkat 1,2, dan 3 diberikan kepada Biro Organisasi Setdaprov, Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Kalsel.

Pemenang kategori Media Website adalah Dinas Lingkungan Hidup, disusul Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Top Influencer AMPK 2023 dianugerahkan kepada Ahmad Solhan, Hermansyah, dan Nurul Fajar Desira.

Terakhir diumumkan tiga Mitra Humas Pemprov terbaik yakni Diskominfo HSS, Diskominfo Balangan, dan Diskominfo Batola. MC Kalsel/Jml

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button