Kalimantan Selatan

Nanang Tala dan Galuh HST Dinobatkan Menjadi Nanang Galuh Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan 2023

Finalis Nanang dari kabupaten Tanah Laut, Azhar Haitamy dan Galuh dari kabupaten Hulu Sungah Tengah, Talita Humaira berhasil mendapatkan predikan sebagai Nanang Galuh Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023 dengan mengalahkan 46 finalis lainnya yang seluruh finalis berasal dari 13 kabupaten/kota.

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Selatan, Husnul Hatimah mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk mengembangkan prestasi kebudayaan di banua.

“Mari kita jadikan acara ini sebagai momentum untuk lebih aktif dan kreatif dalam melibatkan masyarakat untuk menjaga kearifan lokal, sekaligus memajukan dan melestarikan budaya,” ucapnya, Banjarmasin, Senin (4/12/2023).

Lebih lanjut, Husnul menerangkan, keberhasilan acara ini juga menjadi cerminan kebersamaan dalam menjaga dan memperkaya kekayaan budaya. Oleh sebab itu, Pemprov Kalsel akan terus berkomitmen untuk terus mendukung berbagai inisiatif yang bertujuan untuk memajukan sekaligus melestarikam budaya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada finalis yang terpilih menjadi Nanang Galuh Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan 2023 bisa menjadi teladan sekaligus inspirasi bagi pemuda yang ada di Kalimantan Selatan.

“Teruslah lakukan sekecil apapun perubahan yang bisa memberikan manfaat kepada masyakat luas,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati menambahkan pemilihan Nanang Galuh Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan 2023 telah melalui proses penilaian yang cukup panjang mulai dari masa karantina hingga malam grand final.

“Penilaian yang diambil mulai dari bidang pemerintahan, sosial, wisata, ekonomi, teknologi, bahasa, dan kepribadian. Hal ini diperlukan, karena selama mereka memiliki gelar sebagai Nanang Galuh Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan 2023, mereka akan menjadi ikon kebudayaan banua kita, dan akan menjadi perwakilan di ajang pemilihan Putra Putri Kebudayaan pada tingkat Nasional,” terangnya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, setelah malam grand final, nantinya seluruh finalis pada tanggal 5 desember akan melakukan kunjungan ke kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kantor Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kita ingin para finalis mengenal rumah mereka dengan melakukan berkunjung ke kantor dinas yang ada di komplek Perkantoran Provinsi Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Sementara itu, Nanang Kebudayaan provinsi Kalimantan Selatan 2023, Azhar haitamy mengungkapkan selama periode yang dia pegang, pihaknya akan bekerja keras untuk memajukan dan mengenalkan lebih dalam kebudayaan kepada seluruh lapisan generasi.

“Program yang nantinya akan saya lakukan, yaitu ingin mempromosikan dan mengenalkan terhadap masyarakat luas lewat media digital. Supaya keberadaan budaya kita akan terus dikenal,” ungkapnya.

Sebagai informasi, para pemenang Nanang Galuh Kebudayaan Provinsi Kalimantan selatan tahun 2023. Nanang Galuh kebudayaan Kalsel 2023, Azhar Haitamy dan Talita Humaira. Wakil 1, G.T M. Alif dan Tiara Ananda. Wakil 2, Wahyu Ari Sardiko dan Dina Khairina. Wakil 3, Najiburrohman dan Dara Andanti. Wakil 4, Syarif dan Shofia Natasya dan Wakil 5, Hidayat dan Rifdah Buya Harmaidah. MC Kalsel/usu

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button