Kalimantan Selatan

Hari Kedua Pemantapan Tagana Muda, Peserta Ikuti Pelatihan Manajemen Bencana

Di hari kedua pemantapan Tagana Muda, para peserta mengikuti beberapa pelatihan manajemen bencana diantaranya shalter, dapur umum, logistik, posko kesehatan, gardu sosial oleh para instruktur serta pelatihan dasar menyelam oleh Lanal Banjarmasin.

Kepala Bidang Penanganan Bencana Dinsos Prov Kalsel Achmadi menyebutkan kegiatan pemantapan Tagana muda sesuai dengab arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam rangka ketahanan bencana berbasih masyarakat, maka Dinas Sosial Kalsel memandang perlu untuk melaksanakan pelatihan tersebut.

“Total keseluruhan dua angkatan berjumlah 200 orang yang tersebar 13 Kabupaten/Kota ditambah dari Kwartir daerah satgas pramuka peduli yang dilibatkan dalam hal ini untuk penanganan bencana yang akan kita hadapi yaitu bencana hydrometeorologi,” kata Achmadi, Banjarmasin, Sabtu (2/12/2023).

Achmadi menjelaskan bahwa terakhir kali pihaknya melakukan penambahan personil di wilayah Kalsel pada tahun 2004 dengan jumlah sebanyak 1.200 dan hingga saat ini hanya tersisa 600-700 personil.

“Artinya ada 500 orang mengalami penyusutan dalam artian ada yang pindah rumah, mutasi kerja dan juga meninggal dunia. Ketika terjadi bencana di lapangan tentu ini tidak mencukupi sehingga dipandang saat ini perlu penambahan kekuatan tersebut,” terangnya.

Melalui pemantapan Tagana Muda diharapkan Achmadi dapat meningkatkan kemampuan anggotanya dalam menghadapi bencana, serta mampu meningkatkan profesionalisme pengaturan maupun pelaksanaan tugas penanggulangan bencana.

“Untuk itu, Tagana Muda harus memiliki sifat kemandirian dalam beradaptasi, serta selalu siap di dalam menghadapi ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” pesannya.

Sementara itu Pendiri Tagana Indonesia, Andi Hanindito yang turut serta hadir memantau pelaksanaan kegiatan menuturkan pemantapan Tagana Muda ini merupakan pengkaderan dari Tagana Indonesia yang selama ini jumlahnya tidak ada penambahan.

“Kalsel punya ide untuk melakukan itu dan ini merupakan kegiatan luar biasa dengan adanya Tagana Muda ini diharapkan akan menambah kekuatan baru Tagana-Tagana lain di seluruh Indonesia,” kata Andi.

Ditambahkan Andi, dari kekuatan tersebut juga akan menambah gairah bagi kehidupan Tagana yang lain dan kemudian akan menjadi kegiatan yang lebih sempurna untuk dilaksanakan dikemudian hari.

“Selamat Kalsel atas terlaksananya pemantapan Tagana Muda ini, semoga semua berjalan dengan lancar,” pungkasnya. MC Kalsel/Rns

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button