Kalimantan Selatan

Pemprov Wujudkan Kalsel Sebagai Provinsi Layak Anak dan Kota Layak Anak

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) bergerak dalam rangka Implementasi Konvensi Hak anak di Provinsi Kalsel yang telah diwujudkan dalam bentuk upaya menjalankan Program Kabupaten/Kota Layak Anak yg dilaksanakan dalam beberapa indikator KLA.

Kepala DPPPA-KB Prov Kalsel, Adi Santoso mengatakan, jajaran DPPPA-KB telah melakukan advokasi dan pendampingan pada Masjid Darul Amanah Kota Banjarbaru untuk menuju Masjid Ramah Anak (MRA) yang langsung dihadiri oleh Kepala Bapedda Provinsi kalsel, Ariadi Noor sebagai Ketua Tim gugus Tugas KLA, dan Kemenag, DMI dan juga dihadiri langsung oleh kepala Dinas P2KBPMP2A, Sri Lailana,Takmir Masjid dan Pengurus serta remaja Masjid serta para Kader posyandu dan anak anak balita posyandu strawberry kelurahan sungai besar dan edukasi pencegahan stunting menbagikan telur dan susu kepada balita.

“Kita juga memberikan advokasi kepada 1.056 siswa dan dewan guru SMA 3 Banjarbaru tentang konvensi hak anak, pencegahan bullying dan kekerasan seksual dan bentuk lainnya serta pencegahan perkawinan usia anak serta dirangkai dengan penyerahan susu dan telur kepada siswa yang didukung oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, Suparmi yang bertepatan pada kesempatan peringatan HUT PGRI,” kata Adi.

Selain menyambangi SMA 3 Banjarbaru, Adi juga menyebutkan telah menyambangi Ponpes Darul Ilmi, SMP Sanjaya, dan nantinya desember yang akan datang mengunjungi Lembaga pembinaan Khusus Anak LPKA Kelas 1 Martapura.

“Beberapa waktu lalu kita juga adakan untuk usia anak SMP yaitu di SMP 26 Banjarmasin, SMP al Istiqomah, SMA Telkom Banjarbaru, SMK 3 Banjarbaru, dan SMA Qardan Hasanah,” ucap Adi.

Oleh karena itu, kegiatan ini akan terus dilaksanakan kepada satuan pendidikan lainnya sehingga angka usia perkawinan anak dan stunting akan menurun dan aksi bulying akan dapat hilang dari budaya anak remaja saat ini sehingga terwujud generasi penerus bangsa yg sehat, cerdas, berkarakter dan agamis. MC Kalsel/scw

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button