Kalimantan Selatan

Tingkatkan Profesionalisme dan Kualitas ASN di Bidang Kesehatan Melalui Uji Kompetensi Jabatan Fungsional

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Pertemuan Evaluasi dan Penguatan Tim Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2023 di Banjarmasin. Dok

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan Pertemuan Evaluasi dan Penguatan Tim Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2023 di Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin mengatakan dalam menjalankan pembangunan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas, upaya berkala untuk mengevaluasi tim uji kompetensi jabatan fungsional sangat penting dilakukan. Kualitas pelayanan kesehatan yang bermutu sangat ditentukan oleh program kesehatan yang berkesinambungan dan didukung oleh aparatur sipil negara (ASN) yang profesional.

“Oleh karena itu, kompetensi ASN khususnya pejabat fungsional kesehatan sangat dibutuhkan dalam lingkup pekerjaan jabatan fungsional kesehatan yang luas,” kata Diauddin, Rabu (29/11/2023).

Menurutnya, uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan dilaksanakan dalam upaya memberikan pengakuan terhadap kompetensi pejabat fungsional kesehatan, dan sebagai bahan pertimbangan untuk kenaikan jenjang jabatan fungsional kesehatan setingkat lebih tinggi.

“Tim penguji kompetensi jabatan fungsional kesehatan memiliki posisi yang strategis dalam proses penilaian. Mereka memiliki kewenangan dalam menentukan metode uji kompetensi, menentukan jenis metode dan instrumen penilaian, menetapkan substansi penilaian berdasarkan butir-butir kegiatan atau serta menetapkan kelulusan uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kualitas ASN di bidang kesehatan, serta mendorong para pejabat fungsional kesehatan untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

“Sehingga, dalam menjalankan tugasnya dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu untuk masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Tim Penguji Dokter Jabatan Fungsional Kalsel Atjo Adhmart P menyampaikan uji kompetensi jabatan fungsional ini yang perlu ditingkatkan yaitu kualitas dan kuantitas. Dari segi kualitas yaitu bagaimana para jabatan fungsional harus mencapai target-target kegiatan yang telah ditentukan sesuai dengan keahliannya.

Sedangkan dari sisi kuantitas diharapkan lebih banyak lagi peserta yang ikut kegiatan seperti ini.

“Karena ini menyangkut masa depan mereka untuk naik pangkat jabatan fungsional,” katanya.

Pertemuan Evaluasi dan Penguatan Tim Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2023 diselenggarakan mulai tanggal 28-30 November 2023. MC Kalsel/tgh

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button