Kalimantan Selatan

Tim BPBD Kalsel Ikuti Pelatihan USAR

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pelatihan Urban Search and Rescue (USAR) di kantor SAR Banjarmasin, Senin (27/11/2023). 

Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pelatihan Urban Search and Rescue (USAR) di kantor SAR Banjarmasin, Senin (27/11/2023). 

Pelatihan dipandu langsung oleh Tim USAR, tim profesional yang sangat terlatih dan terampil dengan tugasnya mencari, mengevakuasi dan memberikan pertolongan pertama kepada korban bencana. 

Tujuan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan personal TRC Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Kalsel tepatnya pada bidang penanggulangan, pencarian dan penyelamatan korban bencana alam pada situasi dan kondisi di wilayah terjadinya bencana. 

Kepala BPBD Provinsi Kalsel, R. Suria Fadliansyah mengatakan bahwa Kalsel merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat risiko tinggi terhadap berbagai ancaman bencana. 

“Oleh karena itu, tim pencarian dan penyelamatan wilayah Urban SAR atau USAR adalah komponen dari sistem tanggap darurat,” ucapnya. 

Suria juga menyampaikan bahwa pelatihan USAR ini merupakan komponen penting dalam sistem tanggap darurat, hal ini dikarenakan TRC PB BPBD Prov Kalsel merupakan penggerak awal pada saat terjadi bencana dan tahap tanggap lainnya. 

“Tim USAR BPBD Provinsi Kalsel akan dilatih untuk beroperasi dalam berbagai skenario seperti bangunan runtuh, tanah longsor atau banjir dengan berbekal peralatan dan teknik khusus,” ungkapnya. 

Menurut Suria, berdasarkan kajian Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) BPBD Prov Kalsel pada tahun 2022, Kalsel memiliki 6 jenis ancaman bencana oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk merespon keadaan darurat secara efektif, khususnya di lingkungan Urban. 

“Misalnya, bangunan yang runtuh menimbulkan risiko seperti struktur yang tidak stabil, puing-puing, dan kebocoran gas, banjir dan tanah longsor yang dapat menciptakan kondisi yang berubah dengan cepat dan berbahaya,” katanya. 

Ia juga berharap pelatihan ini dapat membekali para anggota TRC BPBD Kalsel, dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, untuk menavigasi berbagai bahaya secara aman dan efektif. 

“Pelatihan ini juga diharapkan, mengajarkan cara bekerja sebagai sebuah tim dan memberikan dampak positif terhadap moral dan kepercayaan diri,” ujarnya. 

Adapun kegiatan pelatihan USAR ini akan diselenggarakannya selama 5 hari ke depan, dari tanggal 27 November sampai dengan 1 Desember 2023, dengan 2 metode pelatihan, yaitu penyampaian materi dan praktek dan setiap harinya dilakukan evaluasi dari pembelajaran harian. MC Kalsel/Fuz

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button