Kalimantan Selatan

Buka Peluang Usaha Bagi Ibu Rumah Tangga, Pemprov Kalsel Gelar Terapan Teknologi Tepat Guna

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi menyelenggarakan Kegiatan Terapan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diikuti para Ibu Rumah Tangga yang ingin membuka peluang usaha dan peningkatan pendapatan dan perekonomian lokal.

Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan, Irfan Sayuti menjelaskan kegiatan ini bertujuan memberdayakan masyarakat dengan mengoptimalkan potensi sumber daya manusia yang masih dapat dikembangkan, sebagai aksebilitas masyarakat dan penciptaan calon wirausaha baru agar dapat bekerja secara mandiri.

“Kegiatan yang telah dilaksanakan ini kiranya benar – benar mampu menjawab persoalan ketenagakerjaan yang kita hadapi,” ucapnya, Banjarmasin, Jumat (24/11/2023).

Ia menerangkan, program dan kegiatan di bidang program dan kegiatan di bidang ketenagakerjaan di Kalsel sudah berjalan cukup baik, seperti faslitiasi para tenaga kerja untuk penempatan tenaga kerja pada sektor formal maupun sektor informal.

“Kita optimis, program ini mampu meningkatkan pendapatan, mempengaruhi satu sama lain untuk mendorong dampak kolektif tenaga kerja, sehingga dapat membantu mereka untuk mandiri dan keluar dari kemiskinan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Indah Fajarwati menambahkan pelatihan ini telah dilaksanakan mulai tanggal 21 hingga 23 November 2023, dengan mengundang para ibu rumah tangga dari Kelurahan Keraton, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

“Pelatihan selama tiga hari dan diberikan bantuan sarana usaha untuk mendukung usaha yang akan dijalankan dengan didampingi atau dikelola oleh kelurahan agar dapat berkelanjutan,” tuturnya. MC Kalsel/usu/ARH

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button