Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Akan Berikan Apresiasi bagi Disdukcapil Kabupaten/Kota

Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel, Zulkifli.

Dalam rangka memberikan dorongan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten/kota, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Disdukcapil Provinsi Kalsel akan menggelar rapat koordinasi bersama Disdukcapil 13 kabupaten/kota pada 7 Desember mendatang.

Kepala Disdukcapil Provinsi Kalsel, Zulkifli menyebutkan, selain untuk memberikan dorongan, pada rakor tersebut pihaknya juga akan memberikan apresiasi kepada Disdukcapil kabupaten/kota, yang telah memberikan pelayanan kependudukan terbaik di daerahnya masing-masing.

“Pemberian penghargaan ini merupakan yang pertama kali digelar, dan hal ini merupakan penghargaan Provinsi Kalsel kepada kabupaten/kota terkait pelayanan kependudukan di daerahnua masing-masing,” kata Zulkifli, Banjarbaru, Rabu (22/11/2023).

Dia menambahkan, Disdukcapil Provinsi Kalimantan Selatan, terus melakukan pemantauan – pemantauan, terhadap pelayanan Disdukcapil kabupaten/kota seperti kinerja perekaman, pelayanan perekaman Identitas Kependudukan Digital (IKD), dan pelayanan terukur lainnya yang sesuai dengan ketentuan Pemerintah Pusat.

“Dengan begitu kita akan diketahui capaian target yang ditentukan nantinya,” singkatnya.

dirinya juga menghimbau agar Kabupaten – Kota di Kalimantan Selatan, dapat menyediakan Mall Pelayanan Publik (MPP) di Daerah masing – masing, hal ini bertujuan untuk memudahkan pelayanan satu pintu kepada masyarakat, sehingga pengurusan kependudukan dan pembayaran pajak, dapat dilaksanakan di satu tempat.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 89 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan MPP, mengamanatkan agar pemerintah Kabupaten – Kota se-Kalsel kiranya dapat mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Hal tersebut sebagai bentuk pelayanan masyarakat yang lebih baik dan menjadi salah satu indikator penilaian pelayanan publik,” ujarnya.

Dari 13 kabupaten/kota di Kalsel, sementara ini baru ada enam kabupaten/kota yang telah mendirikan MPP, yakni Kabupaten Tabalong, Kota Banjarbaru, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut, dan Kota Banjarmasin yang pembangunan masih dalam proses. MC Kalsel/Jml

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button