Kalimantan Selatan

Lawatan Sejarah, Pemprov Kalsel Kunjungi Situs Bersejarah di Tanah Laut

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi berbagai situs sejarah perjuangan Kalsel yang berada di kabupaten Tanah Laut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Muhammadun melalui Kepala Bidang Kebudayaan Raudati Hildayati mengungkapkan Lawatan Sejarah Daerah merupakan salah satu metode pembelajaran bagi generasi muda.

“Pada lawatan sejarah kali ini kami mengajak 39 orang pelajar SMA dan 13 orang guru pendamping perwakilan sekolah di 13 kabupaten/kota,” ucapnya, Tanah Laut, Selasa (21/11/2023).

Ia menerangkan, pengenalan sejarah ini merupakan salah satu cara untuk kembali mengenalkan kepada generasi muda tentang tempat obyek sejarah perjuangan Kalsel, karena saat ini banyak anak – anak sudah mulai kurang mengetahui asal muasal tentang perjuangan daerahnya.

Lebih lanjut, ada 3 obyek situs sejarah pihaknya datangi selama melakukan lawatan sejarah yaitu Makam Datu Insad di Desa Sambangan Kec. Bati – Bati, Bukit Timah di Desa Tanjung Dewa Kec. Panyipatan Benteng Tabanio di Desa Tabanio.

“Setelah kunjungan ke situs sejarah dan diberikan materi oleh narasumber di lokasi tersebut nantinya para peserta akan mempresentasikan hasil yang mereka dapat selama berkunjung ke situs sejarah,” tuturnya.

Dengan kegiatan ini, Hilda berharap para pelajar dapat memberikan informasi, inspirasi, dan pemahaman tentang suatu peristiwa sejarah daerah di Kalsel dalam konteks sejarah nasional kepada generasi muda.

“Ini salah satu cara kami dalam menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta untuk memperkokoh integrasi bangsa dan sebagai sarana pertemuan dan diskusi antara siswa-siswi,” terangnya. MC Kalsel/usu.

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button