AdvertorialPendidikanTanah Bumbu

Bangun Kesadaran Politik, Kesbangpol Tanah Bumbu Sosialisasikan Pentingnya Partisifasi Pemilu

TANAH BUMBU – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Tanah Bumbu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemilu dalam rangka Momentum Pemilu Tahun 2024 sebagai Wujud Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Sarana Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Pendopo Serambi Madinah, 16/11/2023.

Dalam sambutannya Bupati Tanah Bumbu, H.M. Zairullah Azhar menyampaikan “peran serta masyarakat dalam pelaksana pemilu/pilkada, sangat penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara berpolitik dengan baik dan bijak, hal ini juga diperlukan untuk menjadi acuan dalam memilih calon kandidat pimpinan, yang ada di Pemilihan Umum (Pemilu) serta Pilkada Serentak Tahun 2024 mendatang”.

“Oleh karenanya, wawasan kebangsaan peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk memberikan pengawasan partisipatif lapis kedua selain pengawas TPS, yang diharapkan mereka dapat menjadi penyelamat suara Rakyat Indonesia, sehingga calon pemimpin yang terpilih itu benar-benar kehendak suara rakyat”,

“selain itu peran masyarakat dalam pemilu / pilkada juga diharapkan untuk mencegah pelanggaran dan korupsi politik yang biasa terjadi pada Pemilu, sehingga Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Tanah Bumbu, terlaksana secara aman, tertib, dan bersih guna mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud sebagai Serambi Madinah”. harapnya

Kegiatan ini bertujuan Membangun kesadaran akan perbedaan dan keanekaragaman di dalam masyarakat, serta pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, Pentingnya partisipasi dalam pemilu sebagai bentuk kontribusi aktif masyarakat dalam pembentukan pemerintahan.

Kegiatan ini di hadiri oleh peserta dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari pelajar SMA Sederajat, Organisasi masyarakat atau LSM.

Menghadirkan 2 Narasumber utama dalam kegiatan tersebut yaitu Bupati Tanah Bumbu Pemilu/Pilkada Tahun2024 sebagai Wujud Pembinaan KesadaranBela Negara, Sarana Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, narasumber kedua Kementerian Agama: Penguatan Kerukunan Umat Beragama untuk Menciptakan Pemilu danPilkada Serentak Tahun 2024 yang Aman, Damai, dan Sejuk.

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri beberapa calon legislatif yang secara khusus diperkenalkan di hadapan peserta, diantaranya Andi Asdar Wijaya, Andi Rustianto, Hasanuddin dan beberapa lainnya.

Tokoh masyarakat yang juga mencalonkan diri sebagai caleg, Suparman Muchdan menyampaikan harapannya “bahwa dengan diadakannya sosialisasi kebangsaan seperti ini dapat mengetahui sekaligus menambah wawasan betapa pentingnya arti seorang pemimpin yang dapat mensejahterakan masyarakat, oleh krn itu jika kita ingin memilih pemimpin harus tahu rekam jejaknya, berkualitas dan berpengalaman serta amanah, mengutamakan kepentingan masyarakat di atas segalanya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button