Kalimantan Selatan

Tingkatkan Kemajuan Kerajinan Daerah, Dekranasda Kalsel Terus Upayakan Produk Sasirangan IKM

Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran Dekranasda Kalsel, Hasbullah. MC Kalsel/Ar

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalsel sebagai mitra kerjanya Dinas Perindustrian (Disperin) terus mengupayakan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dalam memasarkan produk sasirangan bisa go nasional maupun internasional.

“Memang selama ini kita berikan motivasi pelaku IKM produk sasirangan, seperti pelatihan dan workshop agar bisa bersiang dengan produk dari luar dan dalam daerah dalam peningkatan kemajuan usaha kerajinan daerah,” kata Ketua Dekranasda Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah melalui Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran, Hasbullah, di Banjarmasin, Selasa (14/11/2023).

Diutarakan Hasbullah, pakaian produk sasirangan atau fashion desainer diminati pasar lokal dan internasional karena pakaian jadi sasirangan di nilai lebih menarik dibandingkan bahan kainnya saja.

“Potongan kain sasirangan di jual masih dengan harga tidak terlalu tinggi dan untuk bahan jadi, seperti pakaian bisa di jual dengan harga tinggi sehingga untuk pemenuhan permintaan pasar para perajin IKM diminta untuk membuat produk jadi sasirangan tersebut,” tutur Hasbullah.

Menurut Hasbullah, pihaknya memiliki peran penting untuk memajukan potensi produk kerajinan yang bernilai ekonomi dalam peluang usaha.

Hasbullah pun meminta, para pengurus Dekranasda kabupaten/kota untuk terus mendukung kerajinan lokal agar mampu bersaing dengan produk nasional.

“Kita ingin produk unggulan daerah bisa lebih bersaing dengan daerah lainnya, terutama bisa ekspor agar para perajin IKM produk sasirangan bisa meningkat pendapatannya,” kata Hasbullah. MC Kalsel/Ar

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button