Nasional

Timnas U-17 Indonesia Tahan Imbang Ekuador, Presiden: Sangat Bagus untuk Tampilan Awal

Timnas Indonesia dan Ekuador sebelum kick off Piala Dunia U-17 FIFA, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jatim, Jumat (10/11/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi menghadiri gelaran pembukaan Piala Dunia U-17 FIFA Indonesia 2023 dan menyaksikan pertandingan antara tim nasional (timnas) Indonesia dengan timnas Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Jumat (10/11/2023) malam. Presiden Jokowi merasa senang dengan hasil imbang yang diraih timnas Indonesia.

“Senang lah senang, karena 1-1 yang pertama berarti kita dapat satu poin meskipun mati-matian menjaga agar gawang kita enggak bobol lagi,” ujar Presiden dalam keterangannya di hadapan awak media usai menyaksikan pertandingan.

Presiden menyebut bahwa memang terdapat perbedaan peringkat antara Indonesia dengan Ekuador. Meskipun demikian, Presiden Jokowi tetap mengapresiasi hasil kerja keras Garuda Muda dalam penampilan pertamanya di perhelatan pertandingan sepakbola internasional tersebut.

“Memang ranking-nya ini beda, Ekuador itu ranking ke-38 dan kita 145, jadi ini mohon juga dilihat, tapi tadi mati-matian tim U-17 kita,” imbuhnya.

“Sangat bagus, sangat bagus, untuk tampilan yang pertama saya kira sangat bagus,” lanjutnya.

Melihat permainan timnas U-17 Indonesia yang bertanding malam tersebut, Presiden menilai masih terlihat gugup pada 10 menit pertama. Oleh karenanya, Kepala Negara pun berharap dalam pertandingan selanjutnya Indonesia dapat memperoleh skor yang lebih banyak.

“Ya nanti dengan Panama lah moga-moga tiga poin,” tandasnya.

Saat menyaksikan laga tersebut tampak Presiden Joko Widodo duduk bersebelahan dengan Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino di sebelah kanannya dan sang cucu, Jan Ethes di sebelah kirinya.

Dalam pertandingan, gol pertama Garuda Muda berhasil dicetak oleh Arkhan Kaka pada menit ke-22 babak pertama dengan tendangan langsung di depan gawang lawan. Namun, pertahanan timnas Indonesia berhasil ditembus dengan gol Allen Obando dari timnas Ekuador di menit ke-28 yang menjadikan skor imbang.

Memasuki babak kedua, timnas U-17 Indonesia bermain lebih defensif untuk mempertahankan gawang dari bola lawan dan berhasil mempertahankan skor pertandingan 1-1 hingga pertandingan selesai.

Turut hadir menyaksikan laga tersebut, antara lain, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Pertahanan (Menhan) Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (BPMI SETPRES/UN)

sumber : setkab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button