Kalimantan Selatan

Simposium Nasional IKN Wujudkan Konektivitas Kalimantan

Foto bersama pada Simposium Nasional IKN. MC Kalsel/Jml

Dalam rangka mewujudkan konektivitas dan sinergitas menyongsong Ibukota Kota Nusantara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Tribun Network menggelar diskusi bertajuk Simposium Nasional IKN di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (9/11/2023).

Kegiatan yang diikuti sekitar 700 orang baik daring maupun luring tersebut turut menghadirkan keynote speaker lima Gubernur di Kalimantan yakni, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, dan Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik.

Dalam kesempatannya Sahbirin menyebutkan, sebagai tuan rumah IKN lima Provinsi di Kalimantan memiliki peran dan tanggungjawab yang besar dalam menyukseskan pembangunan IKN.

“Pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dengan IKN menjadi hal penting yang harus dilakukan, agar seluruh wilayah di Kalimantan dapat memanfaatkan seluruh peluang setelah IKN ditetapkan,” kata Sahbirin.

Dia menambahkan konektivitas dan sinergi antar wilayah di Kalimantan merupakan kunci penting dalam mensukseskan persiapan IKN.

“Kalimantan yang sangat luas memerlukan keterpaduan infrastruktur dan kelembagaan lintas wilayah dan sektoral agar roda pembangunan IKN bisa berjalan optimal,” jelasnya.

Sahbirin pun berharap diskusi simposium ini dapat menghasilkan rekomendasi konkrit yang dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah maupun pusat dalam merumuskan kebijakan pembangunan IKN di Kalimantan.

“Khusus Kalsel Babussalam, semoga bisa menjadi pintu keselamatan sebagai pintu gerbang IKN,” harap Sahbirin.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, M Muslim mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mengintegrasi dan mengkoneksikan infrastruktur dengan wilayah di Kalimantan sesuai dengan arahan Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor.

“Kita Provinsi Kalsel juga punya keinginan dan persiapan bagaimana mengkoneksikan infrastruktur ke IKN. Untuk itu melalui kegiatan ini kita sama persepsi dalam rangka persiapan Kalimantan menyambut IKN,” tukasnya.

Pada kegiatan ini juga Gubernur Provinsi Kalsel, Sahbirin Noor turut menyampaikan komitmen bersama para Gubernur di Kalimantan diantaranya mendukung pembangunan IKN sebagai upaya menjadi bangsa yang berdaulat, maju, adil, dan makmur, serta tercapainya visi Indonesia emas di tahun 2045, kemudian mendorong segera terealisasinnya konektivitas trans Kalimantan yang menghubungkan transportasi dan infrastruktur seluruh Provinsi di Kalimantan guba menumbuhkan sinergisitas dan perekonomian antar daerah sebagai penunjang IKN.

Selanjutnya, bersama pemerintah pusat melakukan akselerasi potensi ekonomi daerah di Kalimantan untuk mendorong terwujudnya pemerataan pembangunan dan melibatkan secara aktif kearifan lokal dalam pengelolaan Ibukota Nusantara. MC Kalsel/Jml

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button