Kalimantan Selatan

Sukses Gelar Festival Barongsai 2023, Gubernur Kalsel Siap Gelar Barongsai Internasional Tahun 2024

Sukses gelar Festival barongsai nasional, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor menginginkan kegiatan festival barongsai paman birin Cup tahun depan bertarap internasional.

Ia mengatakan festival barongsai yang digelar merupakan langkah yang bagus dalam pengembangan kreatifitas generasi banua yang lebih baik di masa depan, khususnya seni budaya barongsai.

“Apalagi barongsai Kalsel ini pernah menjadi juara internasional. Untuk itu, tahun depan saya menginginkan festival barongsai internasional,” katanya, di Banjarbaru, Minggu (5/11/2023).

Ia berharap para peserta festival barongsai, para penggiat dan pelaku kesenian lainnya, teruslah berkreasi,berekspresi dan berinovasi, dalam memberdayakan, mengembangkan serta memasyarakatkan seni maupun budaya.
“Kepada seluruh peserta festival barongsai, saya ucapkan selamat mengikuti festival ini, tunjukkan kemampuan terbaik kalian. Sebab kami yakin peserta festival barongsai ini semua adalah insan terbaik yang memiliki potensi luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Kalsel, Nawang Wijayati menyambut baik keinginan Gubernur Kalsel untuk menggelar festival barongsai internasional di Kalsel tahun depan.

“Kami jajaran kepengurusan PLBSI sangat menyambut baik keinginan gubernur kalsel untuk kemajuan olahraga kreasi khususnya barongsai di Kalsel,” katanya.

Ia juga menambahkan, pada era kepemimpinan Nawang menjadi Ketua PLBSI Kalsel, Barongsai Kalsel dapat menjadi juara dunia dan juga nasional.

“Kami dapat menjadi juara nasional bahkan juara dunia yang mengharumkan nama Kalsel,” jelasnya.

Untuk melaksanakan festival barongsai internasional sambung Nawang, perlu persiapan yang lebih matang lagi karena dari beberapa negara sudah berminat, ada sekitar 10 negara yang ingin hadir ke depannya pada kegiatan festival barongsai yang diselenggarakan Provinsi Kalsel ini.

“Tentunya dengan adanya kegiatan internasional otomatis akan berdampak luar biasa baik itu perekonomian, sosial, budaya dan pariwisata di Kalsel,” ujarnya.

Sebagai informasinya kegiatan festival barongsai paman birin cup tahun 2023 merupakan festival barongsai pertama yang diadakan Provinsi kalsel dan diikuti 100 peserta dengan menghadirkan juri nasional. MC Kalsel/tgh

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button