Kalimantan Selatan

Pendidikan Politik Bagi Masyarakat, Organisasi Wartawan dan Media Massa

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol Kalsel) mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat aktif dalam menyukseskan tahapan pelaksanaan demokrasi, Pemilihan Umum (Pemilu).

Kegiatan ini dikhususkan kepada insan pers se-Kalsel dengan perwakilan media massa dan organisasi wartawan atau jurnalis yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kabupaten Banjar, Kamis (2/11/2023).

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam rangka peningkatan partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024,” harap Kepala Bakesbangpol Kalsel, Heriansyah.

Pendidikan politik semacam ini bagi insan pers bertujuan untuk semakin memperkaya informasi, literasi, dan wawasan kemudian menyikapi dan memberikan peran dalam rangka mendukung serta menjaga pelaksanaan pemilu dan pilkada agar kondusif dan damai.

Ini didasari pula oleh Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 serta peraturan lainnya.

Di depan 100 jurnalis Kalsel, Heriansyah juga menyebutkan jika peran media massa dalam hal ini, insan pers merupakan salah satu pilar kekuatan negara untuk turut menyukseskan pemilu.

“Kita semua mengetahui tanpa peran media, sebaik apapun pelaksanaannya akan mengalami hambatan, ini karena peran pers dari sejarah sejak awal masa perjuangan, era kemerdekaan hingga pembangunan sekarang memberikan kontribusi yang positif,” lanjut Heriansyah.

“Sebagai media, diharapkan memberikan pengetahuan terkait kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, ini diharapkan pula agar momen ini dapat semakin memperkuat komitmen bersama mewujudkan Pemilu yang lebih baik lagi,” tuturnya.

Pendidikan politik kali ini, Bakesbangpol menghadirkan tiga narasumber yang sesuai di bidangnya, pertama Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono, Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa, dan Wakil Direktur Radar Banjarmasin Toto Fachruddin. MC Kalsel/Fuz

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button