Kalimantan Selatan

Gubernur Kalsel Terima Penghargaam Proklim 2023

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali mendapatkan Penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2023 kategori Pembina ProKlim yang langsung diserahkan oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, yang diterima langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Selain penyerahan penghargaan Program Kampung Iklim 2023 juga Peresmian RKKIK (Rumah Kolaborasi dan Konsultasi Iklim dan Karbon) yang dihadiri oleh berbagai elemen mulai dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta jajaran, Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Dinas LH Provinsi dan Kab/Kota, Kepala Desa dan Pimpinan Perusahaan dan/atau yang mewakili.

Kegiatan penyerahan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi/pemberian pengakuan dari KLHK atas pencapaian yang telah diraih oleh pelaku penggiat ProKlim ditingkat tapak dan para pemangku kepentingan dari pemerintah dan dunia usaha atas upayanya dalam melakukan dan mendukung kegiatan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Alhamdulillah, Kalsel tahun ini kembali mendapatkan Penghargaan ProKlim kategori Pembina ProKlim yang langsung diserahkan oleh Ibu Menteri Siti Nurbaya Bakar yang diterima langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan Bapak Sahbirin Noor juga diiringi oleh Walikota Banjarmasin dan Bupati Banjar, Barito Kuala, HSS, Tabalong, Kotabaru, Tanah Laut dan Tapin atau yang mewakili dengan kategori yang sama untuk level Kabupaten/Kota,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Untuk penghargaan tertinggi ProKlim yaitu kategori ProKlim Lestari, tahun ini mendapatkan sebanyak 5 desa/lokasi dari Kalimantan Selatan, antara lain:

  1. Desa Mandikapau Barat, Kab. Banjar
  2. Desa Danda Jaya, Kab. Barito Kuala
  3. RW.02 Kelurahan Sungai Miai, Kota Banjarmasin
  4. RW.04 Kelurahan Karang Taruna, Kab. Tanah Laut
  5. Dusun I Desa Asri Mulya, Kab. Tanah Laut

Selain itu, juga ada 6 desa/lokasi untuk kategori ProKlim Trophy Utama antara lain:

  1. Pengambangan Bersinar RW.01 Kelurahan Pengambangan, Kota Banjarmasin
  2. Desa Mandikapau Timur, Kab. Banjar
  3. Desa Maburai, Kab. Tabalong
  4. Desa Al-Kautsar, Kab. Tanah Bumbu
  5. Desa Sungai Bakar, Kab. Tanah Laut
  6. Desa Hiyung, Kab. Tapin

“Sementara, untuk ProKlim kategori Sertifikat Utama, Kalimantan Selatan mendapatkan sebanyak 51 desa/lokasi,” ucap Hanifah.

Dan untuk pertama kalinya penghargaan ProKlim kategori Pendukung ProKlim untuk Dunia Usaha/Perusahaan dari Kalimantan Selatan yang telah berhasil mendukung keberlangsungan kegiatan ProKlim di desa ada 3 perusahaan antara lain:

  1. PT. Talenta Bumi
  2. PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Unit Tarjun
  3. PT. Arutmin Indonesia, Tambang Asam-Asam

“Harapannya dengan diberikannya penghargaan ini dapat meningkatkan dan mempertahankan kegiatan aksi pengelolaan perubahan iklim dan juga mendukung aksi tersebut agar terciptanya lingkungan hidup yang asri dan kondusif khususnya di banua kita Kalimantan Selatan,” pungkasnya. MC Kalsel/Rns

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button