Nasional

Tekad Para Dubes Negara Sahabat Perkuat Hubungan Bilateral dengan Indonesia

 Presiden Jokowi saat menerima surat kepercayaan dari para dubes LBPP di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (23/10/2023). (Foto: Humas Setkab/Agung)

Para duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) dari 12 negara sahabat telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (23/10/2023). Sejumlah dubes menyampaikan pandangan dan tekadnya untuk memperkuat hubungan dan kerja sama bilateral antara negaranya dengan Indonesia di sejumlah bidang.

Dominic James Robert Jermey, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara untuk Republik Indonesia menyampaikan bahwa persahabatan kedua negara memiliki sejarah yang panjang. Ia pun bertekad untuk meningkatkan hubungan bilateral khususnya di bidang perdagangan, investasi, perubahan iklim, dan pendidikan.

“Saya tahu bahwa sumber daya manusia Indonesia prioritas nomor satu untuk Pak Presiden Joko Widodo. Oleh sebab itu, prioritas untuk saya itu hubungan terkait dengan pendidikan juga. Saya sangat menantikan kolaborasi kita selanjutnya dan saya siap bekerja sama dengan mitra dan teman-teman dari Sabang sampai Merauke,” tutur Dubes Dominic.

Selanjutnya, Tomáš Ferko, Duta Besar LBBP Designate Resident Republik Slovakia untuk Republik Indonesia menuturkan bahwa Indonesia dan Slovakia telah banyak melakukan kerja sama terjalin antara masyarakat, institusi, dan bisnis. Ia pun berharap kedua negara dapat terus meningkatkan kerja sama yang sukses ke depannya.

“Saya ingin, di masa depan, saya ingin melihat kita lebih mengenal satu sama lain, makin percaya satu sama lain, dan makin banyak kerja sama, kerja sama yang sukses dibangun berdasarkan inovasi ide-ide bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Daniel Blockert, Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Swedia untuk Republik Indonesia menyampaikan kesannya dapat menikmati suasana Jakarta. Ia pun tertarik untuk merasakan suasana daerah-daerah lain di Indonesia.

“Ada sesuatu yang benar-benar ingin saya lakukan adalah merasakan suasana pedesaan di luar Jakarta juga. Negara ini sangat besar, negara yang sangat beragam, jadi saya berharap dapat melakukan perjalanan dan ingin melihat apa yang bisa ditawarkan oleh seluruh Indonesia,” tutur Dubes Daniel. (BPMI SETPRES/AIT)

sumber : setkab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button