AdvertorialPendidikanTanah Bumbu

Warga Antusias Ikuti Pelatihan Jamur Tiram

TANAH BUMBU – Kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram yang digelar Perkumpulan Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) di hari kedua ini mendapat perhatian dan antusias peserta yang hadir di Halaman Kantor Desa Selaselilau Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Minggu (22/10/23).

Kegiatan yang berlangsung secara interaktif dari tanggal 21 hingga 24 Oktober 2023 pada dua lokasi ini menghadirkan narasumber atau pelatih dari Balai Pelatihan Pemprov Kalsel.

Ketua Perkumpulan Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) Tanah Bumbu, Anwar Ali Wahab mengapresiasi antusias peserta yang mengikuti pelatihan “Saya apresiasi atas semangat para ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan Budidaya jamur tiram ini. Yang mana semangat ibu-ibu dalam membantu perekonomian rumah tangga melalui budidaya jamur tiram ini sangat luar biasa, hanya dengan memanfaatkan limbah namun bisa menghasilkan uang belanja sendiri tanpa mengurangi penghasilan dari suami, hingga bisa mengangkat martabat keluarga,” ucapnya.

Saya berharap sambungnya, para peserta bisa menyerap ilmu yang diberikan. Kalau pun nanti ada kegagalan, itu kembali kepada diri sendiri. Apakah kurang serapan ilmunya, atau kurang serius mengelola budidaya nya.

Sementara narasumber Rochmad memaparkan bahan bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan jamur tiram, antaranya dedak, serbuk kayu, dan kapur gamping.

“Dari ketiga bahan ini, campurannya harus sesuai takaran saat dicampur dengan air tawar, jangan terlalu basah atau kering agar proses pertumbuhan jamur tiram sempurna,” terang Rochmad sebelum memberikan praktek langsung.

Bahan lain sambungnya, kantong plastik, gelang karet, Spritus, cincin paralon (bisa diganti dengan bambu) dan bohlam lampu untuk mengatur suhu ruangan.

Usai pemaparan tata cara dan bahan bahan untuk pembuatan jamur, narasumber kemudian memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya, yang mana yang kurang dipahami atau tidak jelas agar ditanyakan.

Kegiatan selanjutnya, para peserta kemudian diberikan pelatihan (praktek) langsung pembuatan jamur tiram.

Sebelumnya, Ketua RIK Tanah Bumbu, Anwar Aku Wahab mengatakan, digelarnya pelatihan adalah dalam rangka peningkatan sumber daya manusia agar kemandirian masyarakat tercipta demi tercapainya kesejahteraan.

“Kami berharap, masyarakat yang menjadi peserta pelatihan bisa menerapkan ilmu nya, memanfaatkan bahan limbah sekitar lingkungan hingga mampu menunjang perekonomian keluarga. Intinya, mereka bisa mandiri hingga perekonomian keluarga bisa meningkat,” ungkap Anwar Ali Wahab.

Adapun kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram ini difasilitasi dan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Selaselilau, dihadiri unsur Muspika Karang Bintang dan jajaran Pemdes Selaselilau.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button