AdvertorialPendidikanTanah Bumbu

Mudah dan Praktis, RIK Latih Pembuatan Pupuk Organik

TANAH BUMBU – Kegiatan yang di gelar Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) Tanah Bumbu hari kedua sesi kedua melakukan praktik langsung pembuatan pupuk organik berbasis kotoran hewan, pelatihan diadakan di Sentra PPM Kasturi PT. Arutmin Indonesia Site Batulicin, Minggu (22/10/2023).

Ketua Perkumpulan RUmah Inspirasi Kreatif, Anwar Ali Wahab berharap, semangat peserta bukan hanya menggebu diawal saja, namun terus menerus hingga benar benar sukses menyerap ilmu yang diberikan oleh pelatih.

“Melalui pelatihan ini, kita berharap limbah yang ada disekitar bisa dimanfaatkan untuk peningkatan hasil pertanian atau perkebunan masyarakat. Tentunya, jika hal ini berhasil, pastinya dengan hasil panen yang melimpah secara otomatis akan meningkatkan taraf hidup,” ucap Ketua RIK Tanbu, Anwar Ali Wahab

Kegiatan pelatihan ini didukung penuh oleh Pemkab Tanbu, karena berkaitan dalam program pemberdayaan masyarakat dan penguatan ekonomi menuju kemandirian masyarakat.

Narasumber dari Balai Pelatihan Propinsi Kalsel, Musodikun memaparkan tata cara pembuatan pupuk organik ini meminta agar peserta tidak merasa jijik, meski berbahan dari limbah dan kotoran hewan, namun manfaatnya sangat bagus untuk tanaman, baik pertanian maupun perkebunan.

Komposisi untuk pembuatan pupuk tersebut, yakni 50 persen kotoran sapi, dan 50 persen kotoran kambing. Namun jika ada 3 macam jenis kotoran, maka untuk kotoran sapi 50 persen, kotoran unggas 25 persen dan kotoran kambing 25 persen dengan campuran kapur gamping 20 persen, semua bahan diaduk menjadi satu.

Setelah semua campuran menjadi satu, kemudian diberikan campuran virus EM4 untuk permentasinya. Trus diberikan molases tetes tebu, untuk membangkitkan bakteri bakteri dari EM4 biar proses permentasinya cepat. Juga diberikan micin untuk mempercepat proses penyuburan tanaman.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button