Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Terus Kembangkan Program Peningkatan Kualitas Keluarga Melalui TPK2D

Dalam upaya mewujudkan keluarga yang responsif, pemerintah memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga berkualitas. Hal tersebut diakui oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Adi Santoso, Banjarbaru, Kamis (19/10/2023).

Adi mengatakan pembangunan keluarga berkualitas tidak dapat dipisahkan dari peran Pemerintah Provinsi Kalsel untuk menciptakan keluarga yang responsif gender dan hak anak. Salah satu program unggulan dalam pelaksanaan upaya tersebut adalah Program Tim Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (TPK2D).

“Melalui kegiatan pembinaan dan intervensi yang telah dilaksanakan oleh TPK2D di beberapa kabupaten di Kalsel, Program Peningkatan Kualitas Keluarga terus dikembangkan untuk memberikan dampak yang positif bagi keluarga di Kalsel,” kata Adi.

Adi menyebutkan, Ada 29 indikator dalam Indeks Kualitas Keluarga (IKK) yang menjadi dasar penilaian dalam program ini. Semakin tinggi angka IKK di desa, maka keluarga di Kalimantan Selatan akan semakin berkualitas.
Program TPK2D ini bukan hanya menilai kuantitas keluarga, tetapi juga menilai kualitas yang meliputi aspek kesehatan, ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada keluarga mengenai pentingnya nilai-nilai keluarga dan membantu mereka meningkatkan kualitas hidup. Melalui program ini, masyarakat Kalimantan Selatan diajarkan cara merawat dan menjaga keluarga dari berbagai aspek, meliputi kesehatan, ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Dalam penilaian TPK2D, setiap keluarga akan dinilai dengan menggunakan formulir yang sangat terstruktur dan komprehensif. Hasil penilaian akan digunakan sebagai dasar bagi pemerintah daerah untuk memberikan bantuan atau program lanjutan yang lebih spesifik kepada keluarga. Sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas hidupnya, dan hidup dengan penuh harapan dan kebahagiaan.

“membangun keluarga berkualitas, peran pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting. Dengan program yang berfokus pada pengembangan keluarga dan pembangunan masyarakat, Program TPK2D di Kalimantan Selatan telah membantu banyak keluarga dalam meningkatkan kualitas hidupnya dan meraih harapan-harapan mereka”, ujar Adi

Kesejahteraan keluarga tidak dapat sepenuhnya dicapai dalam waktu singkat, tetapi dengan komitmen dan kerjasama dari semua pihak, program ini akan terus berlanjut dan memberikan kualitas hidup yang lebih baik bagi keluarga di Kalimantan Selatan, bahkan di seluruh Indonesia.

“Mari kita dukung program-program seperti TPK2D untuk membangun keluarga-keluarga yang berkualitas dan cerdas”, jelas Adi. MC Kalsel/scw

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button