Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Akan Tampilkan Film Lokal Dan Jukung Hias Pada Pekan Kebudayaan Nasional 2023

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pendidikan dam Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan akan meriahkan Pekan Kebudayaan Nasional yang akan diselenggarakan mulai 20 hingga 29 oktober 2023 di D.K.I Jakarta dengan tema “Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan”.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Raudati Hildayati melalui Kepala Seksi Kesenian, D. Sunjaya Adhiarso mengungkapkan penampilan ini merupakan salah satu bentuk komitmen untuk menyukseskan kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2023.

“Dalam kegiatan tahun ini, Pemprov Kalsel akan mengirimkan film – film pendek berisi muatan lokal, yang mana akan diputar pada Pekan Kebudayaan Nasional 2023,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (18/10/2023).

Lebih lanjut, film yang diputar nanti berupa tokoh – tokoh sejarah dari perjuangan Kalsel. Hal ini sebagai bentuk memperkenalkan tokoh atau pahlawan dari Kalsel.

Sunjaya mengatakan, selain memutarkan film pihakmya juga akan mengikuti pawai budaya dengan mengangkat salah satu kebudayaan khas Kalsel yaitu “rakit hias” atau “jukung hias”.

“Untuk pembuatan jukung hias sudah ditahap finalisasi. Tinggal merapikan berbagai detail nya saja,” terangnya.

Ia menerangkan, pada jukung hias tersebut akan ada beberapa ornamen khas Kalsel yang akan pihaknga buat seperti rumah adat Banjar, rumah ada bubungan tinggi, pohon kasturi serta binatang endemik Kalsel yaitu bekantan.

“Kami sengaja menampilkan jukung hias pada pawai budaya, karena Kalsel terkenal daerah yang memiliki banyak sungai dan menggunakan jukung sebagai alat transportasinya,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button