Kalimantan Selatan

Dapat Laporan dari Warga, Tim Pasukan Elang Darat Padamkan Api Perkebunan Karet

Berdasarkan laporan warga, ada kebakaran kawasan lahan perkebunan karet di Desa Kiram, Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar, Selasa (17/10/2023). Menindak lanjuti laporan tersebut Tim pasukan elang darat Karhutla langsung bergegas menuju lokasi titik api dengan membawa pasukan dan mobil tangki berisi air.

Setibanya di lokasi pasukan langsung bergerak cepat membentang selang air ke kawasan perkebunan tanaman karet dan langsung berusaha memadamkan api yang berkobar.

“Jadi kami langsung bergegas untuk memadamkan api. Ayo pasukan saling bergotong royong agar kobaran api cepat dipadamkan,” kata Ketua Pasukan Elang Darat Karhutla, Agustya Febry Andrean.

Febry mengatakan, pasukan Elang Darat Karhutla yang diprakasai Gubernur Kalsel, disiapkan khusus untuk membantu upaya pencegahan karhutla. Bahkan pihaknya selalu berpatroli di setiap wilayah untuk meantisipasi karhutla.

“Walaupun saat ini beberapa daerah mulai turun hujan, namun pasukan elang darat tetap selalu waspada mengingat cuaca panas terus terjadi yang mengakibatkan akan muncul titik api,” ungkapnya.

Selain turun memadamkan titik api, pasukan Elang Darat Karhutla juga melakukan upaya pembersihan semak belukar hingga akar-akar yang berpotensi menimbulkan titik api.

“Jadi kita kemaren telah melakukan pembersihan semak belukar di beberapa kawasan hutan seperti area perkantoran Pemprov Kalsel Banjarbaru dan sekitar wilayah jalan menuju kiram di Kabupaten Banjar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir agar tidak terjadinya titik api akibat kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Ia mengimbau kepada warga sekitar yang dekat kawasan lahan kosong untuk tetap waspada dan sama-sama menjaga agar tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kami imbau masyarakat agar waspada dan sama-sama menjaga agar tidak menimbulkan karhutla,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button