Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Berikan Penghargaan BUMDesa Terbaik

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar (tengah) didampingi Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah (kanan) menyerahkan penghargaan BUMDesa terbaik III tingkat Provinsi Kalsel kepada perwakilan BUMDesa Karya Makmur, Desa Makmur Mulia, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (kiri) pada pembukaan BUMDesa Expo dengan tema” Dari Desa Untuk Kalsel Maju”, Banjarbaru, Jumat (13/10/2023) sore. MC Kalsel/Ar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) memberikan penghargaan kepada sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) terbaik tingkat Provinsi.

BUMDesa Mitra Hidayah Mandiri, Desa Bitahan Baru, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin dinobatkan sebagai BUMDesa terbaik I tingkat Provinsi Kalsel mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp25 juta, berdasarkan penilaian lomba BUMDesa 2023 yang dilakukan oleh tim beberapa waktu lalu.

Kemudian, BUMDesa Mulia Sari, Desa Indrasari, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar terbaik II mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp20 juta dan BUMDesa Karya Makmur, Desa Makmur Mulia, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu terbaik III mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp15 juta.

Prestasi BUMDesa di Kalsel, diantaranya masuk 5 besar Desa Wisata Terbaik Tingkat Nasional tahun 2022, yaitu Desa Padang Panjang, Kabupaten Tabalong.

Kemudian, Terbaik 1 Tingkat Nasional BUMDesa Bersama Hatungun, Kabupaten Tapin untuk Kategori Cepat Tumbuh 2023.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, berharap dengan diberikannya penghargaan kepada para pelaku BUMDesa bisa semakin termotivasi untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan BUMDesa yang lebih maju, berdaya saing dan berkualitas.

“Maknailah penghargaan ini sebagai inspirasi bersama, dimana BUMDesa terbaik adalah kebanggaan dan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat pedesaan,” kata Roy.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah menyampaikan, pemberian penghargaan BUMDesa terbaik bertujuan untuk memberikan motivasi agar terus aktif dalam menjalankan usaha yang dimiliki dan meningkatkan kapasitas kelembagaan BUMDesa sehingga dapat menghasilkan performa yang lebih baik.

“Pemilihan BUMDesa terbaik tingkat provinsi itu didasarkan dari hasil penilaian tim penilai yang berasal dari Dinas PMD dan Tenaga Pendamping Profesional Provinsi Kalsel,” tutur Faried. MC Kalsel/Ar

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button