AdvertorialParlemenTanah Bumbu

MTQN Ke-XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Resmi di Buka

BATULICIN – Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Ke-XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) resmi di buka, Minggu (8/10/2023) malam.

Bupati Tanbu Zairullah Azhar membuka MTQN yang di gelar di Lapangan Mandala Krida Desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang, 8 – 14 Oktober 2023.

Ketua Umum MTQN Ke-XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, Safruddin mengatakan kegiatan kali ini di ikuti sebanyak 12 Kecamatan se-Tanah Bumbu.

Sebanyak 26 cabang yang di lombakan dengan melibatkan sebanyak 481 peserta, 130 dewan hakim, dan 187 panitia pelaksana.

Selain itu, pihak panitia juga menyediakan 48 rumah untuk kafilah, 10 rumah untuk dewan hakim, dan 8 venue sebagai tempat lomba.

Ucapan terimakasih juga di sampaikan Safruddin kepada semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan di Kecamatan Karang Bintang ini terlaksana.

Kepala Kantor Kemenag Tanbu, M Rusdi Hilmi berharap ajang ini mampu menjadikan generasi sekarang dan akan datang menjadi generasi Qurani.

Generasi yang akhlaknya berpedoman pada Al-Quran yang mana hal itu selaras dengan program Bupati yaitu Satu Desa Satu Masjid (SDSM).

Program SDSM bertujuan menyiapkan generasi Qurani yang tumbuh cerdas, berilmu, beriman, dan bertakwa, serta kompetitif. Sehingga nanti mampu menjadi pemimpin masa depan yang unggul.

Terkait program SDSM, sebut Rusdi, ada dua hal yang dapat di kaitkan dengan pelaksanaan MTQ kali ini.

Pertama yaitu dari program SDSM bisa melahirkan peserta-peserta untuk kegiatan MTQ khususnya di Tanbu.

“Kita berharap dari program SDSM akan melahirkan Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah yang mampu memenuhi kebutuhan pada MTQ nantinya,” ujarnya.

Kemudian yang Kedua, hasil MTQ ini di harapkan mampu menjadi pembimbing bagi anak-anak dalam program SDSM. Dengan sinergitas MTQ dan SDSM ini maka kedepan Tanah Bumbu akan bisa menjadi juara di MTQ sampai tingkat nasional.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mengatakan hari ini ada tiga ribu lebih anak-anak santri SDSM yang bermalam di masjid.

Anak-anak ini tidak hanya di bentuk untuk menjadi cerdas dan berilmu saja, tetapi juga menjadi penghafal Quran.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak atas jerih payahnya turut mensukseskan pelaksanaan MTQN Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Hadir pada pembukaan MTQN Ke-XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023 yakni Anggota DPRD Tanbu, Forkopimda, Ketua LPTQ Tanbu yang juga Sekda Tanbu H Ambo Sakka, Kepala Kantor Kemenag Tanbu, Ketua MUI Tanbu, Ketua TP PKK , GOW, DWP Tanbu, Kepala SKPD Pemkab Tanbu, dan undangan lainnya. (Ddi)

sumber : mc.tanahbumbukab.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button