Kalimantan Selatan

Jaga Keutuhan NKRI, Gubernur Kalsel Anugerahi Wakapolri Kehormatan Warga Banjar

Foto bersama usai Malam Ramah Tamah dan Pemberian Anugerah Kehormatan Warga Banjar kepada Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto (dua kanan), di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (2/10/2023) malam. MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor yang juga Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Sedunia menjamu makan malam dan menganugerahkan gelar kehormatan Warga Banjar kepada Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Agus Andrianto, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Senin (2/10/2023) malam.

Penganugerahan gelar kehormatan warga Banjar ditandai dengan prosesi tapung tawar yang dilakukan oleh KH Wildan Salman atau Guru Wildan, kemudian mengenakan pakaian adat Banjar.

Sahbirin mengatakan, pihaknya mengapresiasi Wakapolri yang telah bergabung dalam kepengurusan KBB Sedunia dan ini menjadi suatu kebanggaan karena seorang perwira tinggi Polri menjadi bagian KBB.

“Kita tahu organisasi KBB telah terbentuk diberbagai Provinsi di Indonesia hingga Sedunia sehingga organisasi ini mewadahi keluarga besar Banjar dalam lintas negara,” ucap Sahbirin.

Diutarakan Sahbirin, perhimpunan KBB akan membuahkan manfaat dan kebaikan bagi negeri karena KBB terbentuk bukan untuk menonjolkan suku bangsa Banjar akan tetapi dari KBB yang bertebaran dari sabang sampai merauke hingga kawasan asia tenggara mengikatkan diri untuk memelihara persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Penyebaran KBB menjadi kebanggan karena inilah bukti bahwa urang Banjar bisa diterima oleh suku bangsa dari manapun. Suku Banjar juga turut memberikan kontribusi untuk bangsa Indonesia, sejak di jaman perjuangan hingga masa kemerdekaan sekarang ini,” tutur Sahbirin.

Sahbirin pun menginginkan, karakter suku Banjar yang terkenal religius, ramah, suka menolong, hormat dan menghargai suku lain dapat selalu tumbuh dalam jiwa dan raga seluruh urang Banjar dimanapun berada.

“Maka dari itu, kita semua berkewajiban dalam memelihara dan mempertahankan nilai-nilai positif yang menghiasi sikap dan perilaku urang Banjar yang selalu mendapat tempat dan diterima dalam pergaulan dan interaksi dengan suku bangsa lainnya,” jelas Sahbirin.

Sementara itu, Wakapolri, Komjen Pol Agus Andrianto menyampaikan ucapan terimakasih atas penghargaan yang telah diberikan kepadanya.

“Ini penghargaan yang terhormat karena diterima sebagai anggota warga KBB dan kedepannya akan memberikan kontribusi kepada warga Banjar dan seluruh masyarakat di Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI. Berbeda-beda tetapi tetap satu jua,” kata Komjen Pol Agus. MC Kalsel/Ar

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button