Kalimantan Selatan

Wamen LHK RI Turut Terjun Langsung Tangani Karhutla di Kalsel

Hari kedua, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Alue Dohong memantau langsung kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kalsel, khususnya di wilayah ring satu bandara di Guntung Damar Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Senin (2/10/2023).

“Saya akan tinggal di sini beberapa hari bersama seluruh komponen, TNI Polri bersama komponen lainnya termasuk masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalsel untuk melakukan pemadaman karhutla,” ujar Wamen LHK RI, Alue Dohong.

Wamen menyebutkan jika kondisi darurat dampak El Nino saat ini, memaksa kepada seluruh komponen untuk berusaha semaksimal mungkin melakukan kegiatan pemadaman, sehingga dampak kabut asap tidak menjadi masalah dan dampak lainya seperti ekonomi dan kesehatan.

“Saya yakin dengan usaha besama pihak harus bersama-sama perangi kebakaran yang bisa menyebabkan kabut asap bertahan lama,” lanjutnya.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan, Wamen LHK RI optimis dengan upaya bersama, kerja bareng, perlahan karhutla di Kalsel dapat diatasi.

Kebersamaan seluruh pihak juga diimbau kepada masyarakat yang memiliki lahan-lahannya yang terbakar, kiranya ikut juga berpartisipasi dan tidak hanya diam saja, apalagi melakukan pembiaran lahannya terbakar.

“Memang saya minta juga dari pihak Polda untuk melakukan upaya hukum supaya ada efek jera,” tutup Wamen LHK RI. MC Kalsel/Fuz

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button