Kalimantan Selatan

Upaya Mitigasi, SKPD Pemprov Kalsel Serentak Bagikan Masker di Empat Kabupaten/Kota

Pegawai Diskominfo Provinsi Kalsel (kanan) membagikan masker kepada pengendara di Simpang Empat Bati-Bati. MC Kalsel/Jml

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor menggerakkan seluruh SKPD lingkup Pemprov Kalsel untuk membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat.

Pembagian masker ini tersebar disejumlah titik di empat kabupaten/kota yakni di Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala yang memiliki potensi dampak karhutla cukup tinggi.

Dalam sambutannya pada Apel Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Sahbirin menyebutkan, pembagian masker ini sebagai salah satu upaya mitigasi Pemprov Kalsel seiring dengan semakin pekatnya kabut asap di Kalsel beberapa hari terakhir ini.

Pemprov Kalsel, lanjut Sahbirin hingga kini terus memprioritaskan pengendalian bencana karhutla, serta kekeringan dengan melaksanakan berbagai langkah-langkah strategis.

“Namun dimasa potensial yang krisis ini saya mengimbau agar seluruh pihak memperkuat koordinasi dan komunikasi. Kita akan bergerak berjuang habis-habisan untuk mencegah bencana dan dampaknya yang semakin meluas,” tegas Sahbirin, Banjarbaru, Senin (2/10/2023).

Ditemui terpisah, Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, dalam kegiatan pembagian masker ini pihaknya menyediakan sekitar 3.500 masker untuk dibagikan secara gratis.

“Kita menyiapkan ribuan masker, dan untuk Diskominfo titik pembagian ada di sekitar simpang empat Bati-Bati. Pembagian masker ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat terhadap kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan,” tutur Muslim.

Dia berharap pembagian masker ini bisa mengurangi dampak karhutla terhadap kesehatan, khususnya terkait dengan kesehatan paru-paru.

“Semoga ini dapat mengurangi dampak karhutla terhadap kesehatan masyarakat, terutama mencegah terjadinya ISPA,” ujar Muslim. MC Kalsel/Jml

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button