Kalimantan Selatan

PeSOda Kalsel Diharapkan Dapat Lahirkan Atlet Berprestasi

Selesai dilaksanakan Pekan Special Olympic Daerah  (PeSOda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023, diharapkan dapat melahirkan atlet SOIna yang berprestasi, sehingga mampu mewakili Kalsel ditingkat nasional dan internasional.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono saat menutup kegiatan Pekan Special Olympic Daerah (PeSOda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 di Borneo Futsal Martapura, Sabtu (30/9/2023).

Budiono mengatakan, bahwa PeSOda sebagai bentuk penjaringan atlet Special Olympic Indonesia (SoIna) yang ada di Kalimantan Selatan dan dilaksanakan setiap tahun guna persiapan ke tingkat nasional maupun internasional.

“Ini sebagai penjaringan atlet untuk disiapkan ke tingkat nasional dan internasional,” ungkapnya.

Selain itu, Pemprov Kalsel melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga memberikan dukungan penuh guna mendapatkan atlet yang berkualitas, mengingat di tahun 2025 ada Pekan Special Olympic Nasional (PeSonas), di tahun 2027 ada event Special Olympic World Summer Games bertempat di Indonesia.

“Dengan adanya PeSOda, diharapkan Kalsel lebih siap dan matang dalam menghadapi event nasional dan internasional, serta ada regenerasi atlet,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua panitia PeSOda Kalsel 2023 Nur Muhammad, berterima kasih dan meminta maaf apabila ada kekurangan dalam pelaksanaannya, namun secara keseluruhan pelaksanaan PeSOda berjalan lancar dan semua kabupaten/kota mengirimkan atletnya, hal ini sangat membanggakan karena dukungan Pemerintah Daerah untuk kemajuan SOIna cukup baik.

“Dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kepada Special Olympic Nasional (SOIna) Kalsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga terus berlanjut, seiring meningkatnya prestasi atlet SOIna Kalsel. Untuk itu, pembinaan dan penjaringan atlet harus terus dilakukan secara berjenjang dan tidak dilakukan secara instan saat ada event tertentu saja,” katanya.

Seperti diketahui bahwa dalam PeSoDa kali ini ada 290 atlet se-Kalsel yang bertanding di enam cabang olahraga yaitu Basket, Atletik, Bola Tangan, Bocci, Tenis Meja dan Renang. MC Kalsel/tgh

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button