Kalimantan Selatan

Pemprov Kalsel Selenggarakan Lomba Maulid Habsyi Tingkat Pelajar

Sebanyak 34 grub Maulid Habsyi tingkat pelajar ikuti lomba Maulid Habsyi tahun 2023 yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu ruang ekspresi dan sekaligus dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad Saw.

“Kamis sangat bersyukur, walaupun ini perdana dilaksanakan. Akan tetapi jumlah peserta yang ikut memeriahkan sangatlah banyak yaitu 36 grub yang tersebar dari 13 kabupaten/kota,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (26/9/2023).

Ia menerangkan, melalui seni maulid habsyi menjadi salah satu cara dalam mensyiarkan Islam di Kalsel yang notabene adalah masyarakat religius. Sehingga, hadiah bukan tujuan utama, melainkan syiar untuk kepentingan agama yang menjadi tujuan bersama.

Suharyanti berharap dengan lomba maulid habsyi tingkat pelajar bisa menjadi ruang pembelajaran bagi para generasi muda untuk terus meningkatkan kesenian mereka di bidang islami.

“Insya allah, tahun depan perlombaan maulid habsyi ini akan kami laksanakan kembali dengan materi dan kategori peserta yang lebih beragam,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari bidang kebudayaan provinsi kalimantan selatan, Herlina Mastuah sangat mengapresiasi lomba maulid habsyi.

“Kegiatan ini sekaligus menggali bakat – bakat para peserta didik dalam seni budaya terutama bidang islami,” katanya.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Promosi dan Dokumentasi, Nitta Aulia menambahkan untuk peserta kali ini tidak hanya diikuti oleh Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) akan tetapi, juga dari kalangan Sekolah Luar Biasa (SLB).

“Ini suatu kebanggan bagi kami, karena bisa memacu dari seluruh kalangan untuk meningkatkan kreatifitas mereka pada perlombaan kali ini,” tuturnya.

Untuk penilaian ada beberapa kriteria yaitu vokal dengan penilaian keutuhan dan power suara, variasi suara, kesesuaian vokal dan backing. Kemudian musik dengan penillaian irama dasar, kekuatan pukulan, akurasi pukulan, tempo, variasi, harmonisasi, serta adab dan syair dengan penilaian meserasian busana, muruah, kalimat, kesiapan peserta, performa, ekspresi serta penghayatan, dengan total hadiah Rp12 Juta.

“Untuk juri ada tiga orang yaitu Normansyah ali sebagai juri Vokal, M. Khusnul sebagai juri Musik dan Lita Ariani sebagai juri adab dan syair,” tuturnya.

Untuk Juara 1 lomba Maulid Habsyi putra dari Pondok Pesantran Ilmi Putra dengan nilai 824. Juara 1 lomba maulid Habsyi Putri dari Man 3 Banjarmasin dengan nilai 833 dan penampil dengan bertalenta khusus, Nurul Qolbi dari Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Netra dan Fisik Fajar Harapan yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) A Negeri 3 Martapura. MC Kalsel/usu

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button