Kalimantan Selatan

447 Peserta dari Berbagai Provinsi di Indonesia Ikuti Tour de Loksado ke-8

Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel, Nurul Fajar Desira (tengah) melepas ratusan peserta Tour de Loksado. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel kembali menggelar event sport tourism Tour de Loksado untuk yang ke-8 kalinya.

Kegiatan inipun diikuti sebanyak 447 pesepeda dari 11 provinsi di Indonesia seperti Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Riau, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel, Nurul Fajar Desira berharap, tahun depan event Tour de Loksado ini bisa menjadi event tingkat internasional.

Tour de Loksado sendiri merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Kasel dalam mempromosikan Kalsel khususnya destinasi wisata unggulannya yakni Loksado.

“Kita akan minta dukungan kepada Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) agar Tour de Loksado ini bisa menjadi event tingkat internasional pada tahun depan,” katanya usai melepas ratusan pesepeda Tour de Loksado di Kiram Park Kabupaten Banjar, Sabtu (23/9/2023).

Fajar menambahkan, tidak hanya akan mengenalkan Loksado, pada pelaksanaan tahun depan Pemerintah Provinsi Kalsel juga akan mengenalkan potensi dari Geopark Meratus.

“Alam kita indah, kita juga memiliki budaya yang beragam yang mana ini bisa eksplor bersama event seperti ini, dan semoga tahun depan Tour de Loksado bisa ditingkatkan menjadi Tour de Meratus,” tuturnya.

Sementara itu, Sekjen PB ISSI, Parama Nugroho yang turut hadir pada pelepasan Tour de Loksado menyebutkan, bahwa pihaknya siap mendukung agar event tersebut bisa menjadi event berskala internasional.

“Kita akan menyarankan agar Tour de Loksado bisa menjadi event international race apakah nanti one day race atau tour seperti ini tergantung dari kesiapannya nanti seperti apa. Kita akan gerak cepat untuk mendaftar event ini ke federasi internasional di tahun ini agar tahun depan bisa masuk kalender event internasional race,” ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, melalui event ini pihak ingin mengenalkan potensi pariwisata Banua kepada masyarakat Nasional.

Dia pun siap mendukung agar Tour de Loksado bisa menjadi event tingkat internasional.

“Semoga tahun depan ini bisa menjadi event international, dan menjadi kesempatan kita untuk mengenal Geopark Meratus kepada dunia,” jelasnya.

Pada event Tour de Loksado ini ratusan pesepeda akan menempuh jarak sejauh 154 Km yang dimulai dari kawasan Kiram Park Kabupaten Banjar, dan finish di Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Event ini juga kita siarkan secara live streaming, sehingga bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat dari berbagai daerah,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

sumber : diskominfomc.kalselprov.go.id

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button